Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali merancang adanya kawasan perkampungan yang khusus untuk wisatawan lanjut usia (lansia) mengingat segmen wisatawan itu dinilai cukup positif mendongkrak pariwisata di Pulau Dewata.

"Selama ini ada hotel yang menawarkan paket Nyepi, tetapi kampung itu tidak hanya sekedar untuk menyepi tetapi akan ada fasilitas-fasilitas agar mereka bisa tinggal lebih lama. Itu yang kami rancang, mudah-mudahan mendapat respon dari masyarakat," kata Gubernur Bali Made Mangku Pastika, di Jaya Sabha Denpasar, Sabtu.

Menurut dia, kampung khusus wisatawan pensiunan itu merupakan salah satu pasar yang saat ini mulai digemari oleh kalangan orang tua di beberapa negara di dunia.

Pastika mengungkapkan hal itu merupakn konsep baru yang cukup inovatif untuk membuat pembangunan pariwisata yang berkelanjutan.

Pemerintah saat ini masih dalam tahap pembahasan berdasarkan gagasan dari beberapa akademisi pariwisata melalui rencana penyiapan lokasi ataupun fasilitasnya.

"Untuk lokasi kami belum bisa tentukan dimana, namun itu memerlukan lahan yang cukup luas, serta akses kesehatan, dan transportasi yang lebih baik," katanya.(DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012