Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya menegaskan bahwa pihaknya menjaga dan membangun kelestarian alam dan lingkungan dengan konsep Tri Hita Karana.

Dalam rangka memperingati Hari Bumi sedunia, ia mengatakan peringatan Hari Bumi dengan tema “invest in our planet” atau berinvestasi di planet menjadi momen untuk mengubah banyak hal, termasuk iklim bisnis, iklim politik, dan bagaimana tindakan terhadap iklim. 

"Saya berharap agar seluruh masyarakat di Tabanan untuk terus memelihara lingkungan hidup dan berbuat baik terhadap bumi dengan langkah-langkah kecil, apakah transisi ke energi terbarukan melestarikan hutan atau membersihkan diri dari momok polusi plastik” ujar Sanjaya.

Baca juga: Bupati Tabanan pantau kegiatan Ul

Bupati Tabanan mengimbau kepada masyarakat Tabanan untuk selalu melaksanakan konsep hidup "Tri Hita Karana" guna menjaga hubungan manusia dengan alam dan lingkungan  untuk menjaga ibu pertiwi yang tercinta dengan melakukan penanaman pohon di sekitar daerah aliran sungai serta menjaga kualitas air sungai dan danau dari pencemaran serta pencemaran pengolahan sampah berbasis pada sumber di desa-desa.

“Semoga di hari bumi ini sampah di kabupaten Tabanan  bisa berkurang dan tidak ada lagi tempat penampungan sampah di pinggir jalan yang mengotori keindahan wajah kota Tabanan dan di desa yang kita cinta," tambahnya.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam peringatan hari bumi di Tabanan diantaranya penyerahan kesepakatan Kerjasama antara Pemkab Tabanan dengan yayasan energi baru terbarukan Bali dan SMKN 3 Tabanan.

Selain itu, penyemprotan eco enzyme di pusat kota Tabanan, penanaman pohon sandat serentak, pembukaan bank sampah lingkungan hidup, pergelaran dan edukasi energi baru terbarukan berbasis solar cell dari SMKN 3 Tabanan serta pemasangan alat pemantauan kualitas udara ambien (passive simpler) untuk mengetahui tingkat pencemaran  udara.

Pewarta: Pande Yudha

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022