Denpasar (Antara Bali) - Jajaran PT Pertamina mengajak masyarakat dan siswa-siswi SMP menanam 10 ribu bibit pohon bakau di Pantai Serangan dan Mertasari, Denpasar Selatan, Kamis.

"Program ini sebagai bentuk komitmen kami dalam mendukung Gerakan Satu Miliar Pohon yang dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan sekaligus bagian dari tanggung jawab sosial (CSR) Pertamina untuk menabung 100 juta pohon," kata General Manager Fuel Retail Marketing Region V Pertamina Afandi saat menyampaikan sambutan pada penanaman pohon secara simbolis di kawasan Pantai Serangan, Denpasar.

Sebanyak 5.000 bibit pohon bakau ditanam di Pantai Serangan dan 5.000 sisanya ditanam di Pantai Mertasari. Pertamina, lanjut dia, berencana dalam jangka waktu lima tahun (2011-2015) memenuhi target program Menabung 100 Juta Pohon

"Untuk target kumulatif tahun ini, Pertamina akan menanam lima juta pohon yang tersebar di seluruh Indonesia," ujarnya.

Program Menabung 100 Juta Pohon telah diinisiasi Pertamina sebagai komitmen dan kepedulian perusahaan terhadap kelestarian alam di samping upaya-upaya pengendalian lain seperti konversi penggunaan minyak tanah ke elpiji serta membuat produk BBM dan pelumas yang ramah lingkungan.

Afandi mengatakan Pertamina menyadari bahwa berbagai produk yang dihasilkan turut menyumbang emisi lingkungan, sehingga diperlukan upaya penanaman pohon sebagai penetralisir sekaligus dapat menghasilkan oksigen untuk kehidupan.

Ia menambahkan, penanaman bakau kali ini menjadi bentuk dukungan Pertamina dalam program konservasi pantai di Pulau Dewata untuk menahan abrasi dan menjadi tempat hidup berbagai jenis ikan dan hewan laut lainnya.

Sementara itu, Bendesa Pakraman (ketua adat) Serangan Wiguna Mudana mendukung adanya penanaman bakau tersebut, karena dari bisnis yang telah dilakukan secara otomatis mempunyai kewajiban untuk turut mereboisasi dan melakukan rehabilitasi lingkungan. (LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012