Menteri Bappenas Suharso Monoarfa beserta jajaran yang didampingi oleh Gubernur Bali Wayan Koster mengunjungi kawasan wisata Kintamani dan Museum Gunung Api Batur, di Kabupaten Bangli, propinsi Bali dalam rangka pembahasan dan persiapan pertemuan para generasi muda dari berbagai negara.

"Menteri Bappenas Suharso Monoarfa dan Gubernur Bali Wayan Koster mengunjungi Museum Gunung Api Batur. Dalam kesempatan tersebut Menteri PPN/Bapenas juga mengunjungi area lake view Penelokan sembari menikmati pemandangan Gunung Batur dari Penelokan Kintamani," kata Bupati Bangli Sedana Arta, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Kunjungan mereka itu dalam rangka melihat persiapan terkait dengan rencana di Unesco Global mengadakan Global Geopark Youth Forum yang akan mendatangkan anak-anak muda dari berbagai negara untuk melaksanakan seminar yang membahas tentang Geopark, serta melaksanakan summer camp di wilayah Kintamani, Kabupaten Bangli, tambah bupati.

Baca juga: "Motorcross Pantura Reborn" promosikan wisata Kintamani-Bangli

Sebelum menerima kunjungan menteri dan gubernur Bali, Bupati Bangli melaksanakan rapat kordinasi perencanaan pengembangan UNESCO Global Geopark (UGGP) Batur bersama Direktur Sumber Daya Energi Mineral dan Pertambangan Kementrian PPN/ Bappenas bertempat di ruang rapat krisna Setda Kabupaten Bangli.Kamis (8/4).

Dalam kegiatan tersebut hadir Direktur Sumber Daya Mineral dan Pertambangan Bappenas RI Yahya Rachman Hidayat, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Giologi Mineral dan Batubara Kementerian ESDM RI Bambang Utoro, Kelompok Ahli Pembangunan Pemprov Bali Dr. I Wayan Karmawan, Kepala Balai Cagar Budaya Bali-Nusa Tenggara Komang Aniek Purniti, Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bangli, Kepala Pusat Survey Giologi Kementrian ESDM RI Hendra Gunawan, BKSDA Afus Budi, serta pimpinan OPD(Organisasi Perangkat Daerah) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli.

Baca juga: Bupati Bangli kukuhkan Badan Pengelola Batur UNESCO Global Geopark

Dalam kesempatan, Bupati menjelaskan beberapa hal terkait penataan kawasan pariwisata di Kabupaten Bangli khususnya di Kecamatan Kintamani, ada beberapa perencanaan pembangunan yang disampaikan oleh Pemda Bangli di kawasan Kintamani, seperti penataan Anjungan Penelokan, penataan Goa Jepang di Penelokan, pembangunan president tower di penelokan serta pembangunan Pasar Singamandawa sebagai penunjang destinasi pariwisata yang ada di Kintamani.

Ia berharap dalam realisasi pembangunan tersebut agar selalu mendapat dukungan penuh baik dari pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat.
 

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022