Lombok Utara (Antara Bali) - Ratusan "yacht" atau kapal pesiar berukuran kecil dari berbagai negara menyinggahi Pantai  Medana di Desa Medana,  Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Perhubungan, Pariwisata, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lombok Utara Abdul Aziz di Tanjung, Kamis, mengatakan setelah tiga tahun berturut-turut disinggahi ratusan yacht, pada 2012 kembali akan disinggahi 132 kapal serupa dari 22 negara

"Kehadiran kapal pesiar yang hampir setiap tahun di Pantai Medana itu berdampak positif terhadap pariwisata Lombok Utara, karena ini bisa dijadikan ajang promosi yang tidak membutuhkan biaya besar," ujarnya.

Pada September 2009 Pantai Medana disinggahi 160 kapal pesiar dari 30 negara di Asia, Amerika, dan Eropa, yang sebelumnya mengikuti  "Sail Bunaken", kemudian pada 2010 sebanyak 107 kapal serupa dari berbagai negara di Eropa dan Asia.

 Sail Indonesia 2012 merupakan momentum terbaik untuk mempromosikan pariwisata Lombok Utara, karena dihadiri oleh peserta dari berbagai negara. Setelah kembali ke negaranya masing-masing diharapkan mereka bercerita tentang keindahan objek wisata di daerah ini.

Menurut dia, saat ini sudah masuk sekitar 20 yacht di perairan Pantai Medana, sedangkan para peserta lainnya akan menyusul. Acara penyambutan resmi dijadwalkan pada 22 September 2012 dengan menampilkan berbagai kesenian tradisional khas Lombok dan pameran kerajinan rakyat selama empat hari.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012