Jajaran pengurus Partai Gerindra Provinsi Bali melakukan kegiatan donor darah sebagai bentuk dukungan untuk ketersediaan darah di tengah pandemi COVID-19.

"Kami mendukung ketersediaan darah. Karena itu kami di jajaran pengurus Partai Gerindra Bali melakukan kegiatan kemanusiaan, yakni donor darah. Apalagi kegiatan donor darah sangat terbatas, utamanya saat PPKM level 3 wilayah Jawa dan Bali," kata Ketua DPD Partai Gerindra Bali, Made Muliawan Arya di Denpasar, Senin.

Kegiatan ini diikuti oleh para pengurus, kader dan simpatisan Partai Gerindra Provinsi Bali. Beberapa peserta lainnya juga datang dari kalangan umum.

Muliawan Arya yang akrab disapa De Gadjah itu mengatakan aksi ini juga dalam rangka peringatan hari jadi ke-14 Partai Gerindra.

"Rencananya kegiatan ini akan kami gelar tiga bulan sekali. Jadi, kami akan keluar secara rutin, setidaknya membantu PMI untuk memenuhi pasokan darah di Bali," ujar pejabat yang juga olahragawan ini.

Baca juga: DPP Partai Gerindra harapkan Bali dapat kursi di DPR

Menurutnya, aksi semacam ini sangat berpengaruh terhadap ketersediaan darah yang begitu fluktuatif. Stok darah bisa berlebihan, namun dalam sekejap bisa kekurangan.

Digelarnya aksi ini bertepatan dengan hari kasih sayang, kata De Gadjah, juga menjadi ungkapan kasih sayang Partai Gerindra secara internal maupun pada masyarakat Bali.

"Kami tetap mengikuti aturan prokes yang berlaku. Semua peserta wajib pakai masker. Ya, saya ucapkan terima kasih kepada semua peserta donor, dan juga PMI Provinsi Bali atas dukungannya kepada kami," kata De Gadjah yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar.  

Seorang pengurus DPD Gerindra Provinsi Bali, Kadek Budi Prasetya mengatakan sangat bangga ikut berkontribusi dalam aksi sosial kemanusiaan tersebut.

Bagi masyarakat umum, keberadaan darah tentunya tidak selalu penting. Namun bagi mereka yang sedang butuh darah, seperti ibu melahirkan, korban kecelakaan dan orang dengan penyakit tertentu, keberadaan darah amatlah penting.

"Sebenarnya banyak peserta yang ingin ikut donor darah. Terutama mereka yang memiliki golongan langka seperti a dan b. Kebetulan saat tadi dua golongan darah tersebut jumlahnya over," katanya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022