Denpasar (Antara Bali) - Sekitar 30 persen biro perjalanan yang beroperasi di Bali menggarap paket wisata pernikahan untuk wisatawan karena dinilai cukup berkembang pesat di Pulau Dewata.

"Hal itu karena Bali memiliki keindahan panorama serta fasilitas pendukung yang komplit sehingga menjadi pilihan tempat untuk melaksanakan pernikahan bagi wisatawan domestik dan mancanegara," kata Wakil Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Bidang Pemasaran, Humas dan Litbang, Bagus Sudibya, di Denpasar, Sabtu.

Saat ini banyak vendor penyedia jasa pernikahan yang bekerja sama dengan biro perjalanan melalui paket khusus.

"Biro perjalanan sudah banyak yang menggarap paket wisata pernikahan sekitar 25-30 persen. Mereka menjual paket tersebut hingga ke luar negeri dan banyak wisatawan yang memanfaatkan dan mempercayainya," ujarnya.

Menurut dia, cukup banyak pelancong yang ingin melaksanakan pernikahan di Pulau Dewata, baik yang berupa upacara pemberkatan atau sekedar melaksanakan resepsi saja.

Kondisi itu memicu semakin banyak pengusaha dari luar daerah bahkan mancanegara yang menggarap bisnis itu. Mereka menyiapkan segala fasilitas terkait pelaksanaan pernikahan mulai dari konsep sampai pengaturannya.(LHS)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012