Solo (Antara Bali) - Produk konveksi batik khas Kota Solo menjadi salah satu barang incaran para pemudik dari luar daerah untuk dijadikan oleh-oleh dari kampung halaman.

Di beberapa sentra penjualan pakaian batik di Solo, Jumat, para pembeli yang berasal dari luar Kota Solo masih memadati lorong-lorong pasar untuk berbelanja batik khas kota bengawan tersebut kendati telah memasuki H+4 Lebaran 2012.

"Lebih enak berbelanja batik di Solo dibandingkan dengan membeli di Jakarta karena harga yang ditawarkan di sini jauh lebih murah," kata Indriani (39), salah seorang pembeli batik.

Ia mencontohkan, untuk membeli kemeja batik di Jakarta dirinya harus mengeluarkan uang Rp130 ribu, sedangkan jika membeli kemeja di Solo bisa mendapat dua kemeja batik.

"Setiap mudik pasti kami sempatkan untuk mampir ke Pasar Klewer untuk belanja pakaian," ujar salah seorang pengunjung Pasar Klewer, Sunarto (46).

Salah seorang pemilik kios di Pasar Klewer Solo, Junaedi (43) mengakui terjadi lonjakan permintaan pakaian batik mulai dari H-3 sampai H+3 Lebaran. "Ada peningkatan penjualan berbagai jenis pakaian batik sekitar 50 persen dari hari biasa," katanya.(IGT)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012