Politeknik Pariwisata Bali menggelar kegiatan "Studium Generale" bersama Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) dengan pembicara utama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno untuk memberikan kuliah umum dalam upaya menyediakan sumber daya manusia dan sektor pariwisata.

Studium Generale" bersama Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata ( PTNP ) dengan pembicara utama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno untuk memberikan kuliah umum dalam upaya menyediakan sumber daya manusia dan sektor pariwisata melalui hybrid atau virtual, Senin.

Studium Generale "bersama PTNP dilaksanakan secara hybrid dengan peserta yang berada di Politeknik Pariwisata Bali dan di seluruh dunia PTNP serta peserta juga dapat menyaksikan melalui live streaming Youtube. Adapun total potensi peserta kegiatan tersebut sebanyak 10.299 peserta yang merupakan mahasiswa semester 4,6 dan 8 yang tergabung dalam Zoom Meeting dengan total 3.169 mahasiswa dan mahasiswa regular yang tergabung dalam live streaming Youtube sebanyak 7.130 mahasiswa.

https://img.antaranews.com/file/2022/09/25/20220925edisi-khusus-i.pdf

Tema pada kegiatan Studium Generale Bersama PTNP adalah "Orkestrasi Mencetak SDM Entrepreneur Sebagai Solusi Kebangkitan Ekonomi dan Penciptaan Lapangan Kerja Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif".  Tema tersebut diusung dengan harapan dapat menghasilkan wirausaha muda melalui enam PTNP di bawah Kemenparekraf RI. 

Menparekraf Sandiaga Uno memaparkan langkah-langkah pemulihan dan ekonomi kreatif di antaranya pemulihan dan perluasan pasar, inovasi produk dan jasa, peningkatan kapasitas SDM, revitalisasi pariwisata dan infrastruktur ekonomi kreatif, serta peningkatan adaptasi dan daya saing usaha. Sandiaga Uno mengajak seluruh mahasiswa untuk menjadi " entrepreneur " di masa pandemi COVID-19.

Sandiaga Uno mengajak seluruh mahasiswa untuk menjadi pengusaha muda, untuk itu Menparekraf Sandiaga Uno memaparkan langkah-langkah pemulihan dan ekonomi kreatif di pemulihan pemulihan dan perluasan pasar, inovasi produk dan jasa, peningkatan kapasitas SDM, revitalisasi pariwisata dan infrastruktur ekonomi kreatif, serta peningkatan adaptasi dan daya saing usaha. Karena beberapa hal yang perlu disiapkan, yakni memulai dengan niat, menjadi proaktif, belajar dari kesuksesan orang lain dan berani mengambil risiko.

Baca juga: Poltekpar Bali latih pemandu wisata lokal di Desa Cau Belayu

Menparekraf Sandiaga Uno memaparkan langkah-langkah pemulihan dan ekonomi kreatif di pemulihan dan perluasan pasar, inovasi produk dan jasa, peningkatan kapasitas SDM, revitalisasi pariwisata dan infrastruktur ekonomi kreatif, serta peningkatan adaptasi dan daya saing usaha. Menparekraf Sandiaga Uni mengajak seluruh mahasiswa untuk menjadi "entrepreneur" di masa pandemi COVID-19. S

Usai memberikan pemaparan dan diskusi tersebut, berkesempatan untuk melihat langsung hasil usaha mahasiswa yang terdiri dari perwakilan Politeknik Pariwisata Bali, Politkenik NHI Bandung dan Politeknik Pariwisata Lombok. Hasil usaha mahasiswa ini merupakan bimbingan dari unit kewirausahaan di masing-masing PTNP hingga menghasilkan produk dan jasa yang siap dipasarkan.(*)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022