Polda Bali mengamankan dan mengawasi jalannya perayaan Imlek 2022 yang terlaksana di 35 titik tempat ibadah klenteng, kongco hingga vihara yang tersebar di wilayah Bali.
 
"Kami menurunkan personel sesuai dengan kebutuhan, mengamankan tempat-tempat ibadah baik di Denpasar maupun seluruh kabupaten/kota se-Bali. Yang jelas ada 35 titik yang mana ada personel kami juga ikut di sana," kata Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra saat ditemui usai peninjauannya di Griya Kongco Tanah Kilap, Selasa.
 
Ia mengatakan para personel yang diturunkan juga bertugas melakukan pengamanan lalu lintas untuk jalur keluar masuk terutama bagi umat yang melaksanakan ibadah di klenteng, vihara dan kongco.
 
Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kepadatan arus lalulintas, muncul kemacetan yang berujung pelanggaran dan gangguan lalulintas lainnya.

Baca juga: Sesepuh Kongco: Umat yang Imlek 2022 naik 10 persen
 
Untuk meminimalisir gangguan kamtibmas, Polda Bali telah mengadakan giat cipta kondisi untuk beberapa wilayah tempat ibadah ini. Setelah itu dilanjutkan hari ini, pengamanan personel agar kegiatan agama berjalan lancar.
 
Pada kesempatan yang sama, Kapolda Bali didampingi Wakapolresta Denpasar juga meninjau pelaksanaan ibadah Imlek 2022 di Vihara Satya Dharma Sanggaran Denpasar, Selasa
 
Peninjauan tersebut bertujuan untuk memastikan keamanan pelaksanaan ibadah serta memastikan penerapan pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19. Untuk Vihara Satya Dharma Sanggaran berlangsung aman dan sesuai dengan prokes serta setiap tahapan persembahyangan diatur kapasitas hanya diisi 20 persen saja.
 
Sementara itu, Wakapolresta Denpasar AKBP. I Wayan Jiartana, menambahkan untuk pengamanan di wilayah Polresta Denpasar dilakukan di 16 lokasi terdiri dari vihara, klenteng kongco. Dengan jumlah personel ada 300 yang diturunkan mulai hari ini dan berlanjut sampai dengan Cap Go Meh.

Baca juga: Polda Bali tahan dua pembobol modem wifi di 25 TKP
 
 

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022