Tim Respon Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar, Bali melakukan penanganan pohon tumbang saat hujan lebat mengguyur kota setempat.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Denpasar Ida Bagus Joni Ariwibawa di Denpasar, Senin mengatakan Tim Respon Cepat BPBD dan DLHK dengan siap siaga melakukan penanganan pohon tumbang di dua lokasi kawasan Jalan Sulatri Kecamatan Denpasar Timur dan kawasan Jalan Ciung Wanara Renon Kecamatan Denpasar Selatan, Minggu (9/1) malam.

Ia mengatakan saat musim hujan, beban pohon perindang lebih berat dari biasanya, sehingga untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka Pemkot Denpasar secara intensif melakukan perompesan pohon pelindung yang terlalu rimbun. Hal ini diharapkan mampu meringankan beban pohon untuk mengurangi terjadinya pohon tumbang.

Joni Ariwibawa yang akrab disapa Gus Joni mengatakan perompesan pohon perindang, selain untuk meringankan beban dan mencegah terjadinya pohon tumbang, juga sebagai upaya untuk mempercantik wajah kota, sehingga terlihat rapi dan indah.

“Pemkot secara rutin melaksanakan perompesan pohon perindang di seluruh ruas jalan Kota Denpasar, besar harapan masyarakat juga turut memberikan informasi tentang lingkungan sekitar khususnya pohon perindang yang dinilai penting untuk dilakukan perompesan,” ujarnya.

Baca juga: DLHK Denpasar lakukan perompesan pohon jelang musim hujan

Sementara Kepala Dinas LHK Kota Denpasar, Ida Bagus Putra Wirabawa mengatakan bahwa secara berkelanjutan pihaknya terus melaksanakan pendataan dan pemetaan terhadap kondisi dan usia pohon perindang di Kota Denpasar. Sehingga apakah diperlukan penanaman ulang atau cukup dengan perompesan saja.

"Selain menindaklanjuti aduan masyarakat terkait pohon perindang, juga dilaksanakan pemetaan usia dan kondisi pohon untuk dilaksanakan perompesan rutin. Di DLHK ada empat regu. Satu regu beranggotakan delapan hingga 10 orang yang rutin tiap hari melakukan pemantauan dan perompesan pohon," ujarnya.

Ia mengatakan DLHK telah melaksanakan perompesan di beberapa titik yang dilakukan secara rutin memasuki musim penghujan.

"Tim DLHK melaksanakan pemantauan keliling (mobiling) dan mengecek pohon perindang di seputaran Kota Denpasar. Jika sudah terlalu tinggi dan berpotensi diterpa angin kencang akan dilaksanakan perompesan,” ujarnya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022