Denpasar (Antara Bali) - Perusahaan Umum Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (Perum Damri) Denpasar akan didukung empat armada bus Damri Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur menjelang mudik Lebaran 2012.
     
"Nanti kami akan dibantu empat armada bus Damri dari Banyuwangi menyambut arus mudik seperti kebiasaan rutin setiap tahunnya," kata Kepala Stasiun Perum Damri Denpasar, I Made Suma Artika, di Denpasar, Rabu.
     
Menurut dia, dibandingkan tahun 2011, terdapat kenaikan pengerahan armada yang secara keseluruhan Damri Denpasar menyiapkan 13 armada bus, dan empat armada lain dari Banyuwangi.
     
Damri Denpasar melayani dua kota di Jawa Timur yakni Jember dan Surabaya, daerah tujuan utama pemudik dari Bali. Untuk bus angkutan Lebaran, jurusan Denpasar-Jember, pihaknya menyiapkan sembilan armada yang biasanya dilayani empat hingga armada.
     
Sementara untuk jurusan Denpasar-Surabaya sebanyak dua armada sesuai dengan jadwal rutin. Dua unit armada khusus melayani terusan penumpang kereta api juga disiapkan. Namun pihaknya tidak melayani langsung tiket kereta api melainkan hanya menyiapkan armada.

Armada Damri itu akan mulai berangkat pada sore hari dan langsung kembali ke Denpasar keesokan harinya. Para penumpang akan diberangkatkan melalui kantor cabang Damri namun tetap singgah ke terminal untuk pencatatan penumpang.
     
Mengenai tarif, lanjut Suma, pihaknya belum bisa memastikan tarifnya namun pihaknya memastikan bahwa yang digunakan yakni tarif batas atas seharga Rp85 ribu hingga Rp90 ribu untuk tujuan Denpasar-Jember yang biasanya mulai diberlakukan pada H min 7 Lebaran. Suma memprediksi untuk arus mudik Lebaran 2012 akan terjadi kenaikan sebesar 10  persen jika dibandingkan mudik tahun 2011. Arus mudik 2011, Damri Denpasar menyiapkan 15 angkutan Lebaran.(DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012