Denpasar (Antara Bali) - Vanessa Martida, siswa SMA Negeri 5 Denpasar, Bali, lewat karyanya berjudul "Satyam Eva Jayate" menjadi juara pertama kategori pelajar SLTA pada Lomba Menulis Cerpen Remaja atau LMCR tingkat nasional 2009.

Ketua Panitia LMCR-2009 Naning Pranoto dalam siaran persnya yang diterima ANTARA di Denpasar, Selasa menyebutkan, untuk kategori ini, juara selanjutnya adalah, Disti Utami Resdiaputri dari SMAN I Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, disusul Apriliani Indri Hapsari dari SMAN I Magelang.

"Untuk kategori siswa SLTP, juara pertama diraih Elfi Husniawati, siswa SMPN I Ponjong Gunung Kidul dengan karya berjudul Kemarau disusul Si Putih, karya Sanjungan Salim Hidayat, siswa SMPN 22 Bandar Lampung dan Cahaya, karya Diandra Safira Hasan, siswa SMP Global Mandiri Cibubur," katanya.

Untuk kategori umum, mahasiswa dan guru, pemenang pertama adalah cerpen Mencari Wajah Ibu, karya Angel Li dari Jakarta disusul Patung Ibu, karya Ahmad Ijazi H dari Pekanbaru dan Tiga Perempuan dalam Hitam, karya Maghriza Novita Syahti dari Padang.

Naning mengemukakan, LMCR-2009 yang memperebutkan Lip Ice-Selsun Golden Award itu berhasil mengumpulkan 6.007 judul cerpen.

"Pesertanya tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga dari para mahasiswa yang sedang studi di luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Mesir dan beberapa kota di Australia. Bahkan TKW Indonesia yang bekerja di Hong Kong dan Singapura juga ikut aktif di ajang lomba ini," katanya.

Menurut dia, karya peserta LMCR-2009 lebih baik dari LMCR tahun-tahun sebelumnya. Menurut dia, karya-karya yang terpilih sebagai pemenang layak dikategorikan sebagai karya sastra.

"Karena itu kami optimistis, ajang LMCR ini akan mampu melahirkan sastrawan di masa depan," kata Naning yang juga dikenal sebagai penulis novel, cerpen serta dosen penulisan kreatif di beberapa perguruan tinggi di Jakarta ini. ***5***

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2009