Fenny’s Christmas Challenge 2021 yang bertemakan Christmas Cookies menjadi ajang kompetisi secara daring yang disiapkan bagi kaum muda Bali untuk membuktikan dan menunjukkan kemampuan dalam memasak kue (baking) yang diselenggarakan dari 15 November-7 Desember 2021.

"Melalui kompetisi online ini kami ingin membangkitkan jiwa memasak khususnya kue (baking) karena banyak talenta-talenta muda yang kurang mendapatkan exposure," kata Fenny selaku ketua panitia Fenny’s Christmas Challenge 2021 dalam keterangan tertulisnya di Denpasar, Selasa.

Melalui kompetisi tersebut, pihaknya ingin mengajak masyarakat khususnya kaum muda Bali untuk membuktikan kemampuan baking mereka dengan berbagai tema Natal dengan menggunakan beberapa bahan wajib dan pilihan topping keju atau coklat.

Menurut pemilik CV Fenny ini, Fenny’s Chrismast Challenge (#FCC) ini diadakan karena melihat momen yang tepat sebelum Natal dan juga kerinduan masyarakat akan perayaan Natal yang hangat dan marak.

Hal itu karena semenjak pandemi COVID-19, hingar bingar perayaan (bukan hanya Natal) berkurang drastis. Melalui kue Natal yang cantik, menarik dan nikmat diharapkan kerinduan masyarakat terobati.

"Melalui hashtag #semuabisabaking, baking atau bisnis kue dapat menjadi penyambung hidup banyak orang. Melalui kompetisi ini diharapkan akan menghidupkan kembali bisnis baking yang sudah ada dan juga menumbuhkan minat baking di kalangan generasi muda," ujarnya.

Adapun hadiah yang disiapkan dalam kompetisi ini total Rp6 juta. Pemenang utama mendapat Rp2 juta, juara kedua Rp1,5 juta, dan juara ketiga Rp1 juta. Juara favorit akan mendapatkan Rp 1,5 juta dan empat pemenang harapan mendapatkan goodie bag dan voucher belanja Fenny Online.

Dia menambahkan CV Fenny Bersama juga merupakan toko bahan dan perlengkapan kue pertama dan terlengkap di Pulau Bali yang telah beroperasi sejak tahun 1992.  

"Kami menyediakan berbagai produk bahan dan perlengkapan kue untuk kebutuhan dapur dan usaha  yang dapat dibeli baik secara retail ataupun wholesale; dari bahan pokok, bahan pelengkap, hiasan, kemasan, hingga peralatan masak seperti oven, mixer, dan lainnya," katanya.

Selain itu juga menyediakan jasa workshop untuk ibu rumah tangga, anak muda, atau siapapun yang ingin mengasah dan meningkatkan skill di bidang baking, pastry dan cooking dengan dibimbing langsung oleh mentor-mentor berpengalaman. 

"Salah satu upaya untuk menjamin mutu baking class yang kami adakan adalah menjalin kerjasama dengan beberapa Chef ternama di Indonesia," ucapnya.

Menilik situasi pandemi dan juga fenomena media soal dan dunia digital, maka #FCC juga diadakan secara hybrid. Ada dua tahapan kompetisi ini yaitu online dan offline.

Untuk kompetisi online, peserta mengunggah flatlay foto dan/atau video pembuatan resep kue Natal yang mereka kompetisikan ke media sosial Instagram dan Facebook

Kompetisi Online, syaratnya membeli bahan baku resep yang dikompetisikan secara offline maupun online melalui www.fennyonline.id, wajib membeli dan menggunakan produk Blueband sebagai bahan utama resep cookie, penambahan topping atau rasa dengan pilihan Keju (merek Kraft atau Prochiz) dan Coklat (merek Tulip atau Colatta atau Mero) serta bastas bahan yang digunakan Rp100.000 – 300.000

Ketentuan: mengunggah hasil resep yang dikompetisikan pada Instagram (wajib), Facebook, dan Twitter, peserta mengunggah foto terbaik engan angle flatlay, tampak dekat, dan selfie dengan kreasimu, dan peserta mengunggah video proses pembuatan resep.

Selanjutnya mengunggah bukti struk belanja pada slide terakhir foto resep, wajib menyebutkan brand sponsor, contoh : Blueband 50gr, keju kraft 10gr, follow dan tag akun @tobaku.fennybali dan @blueband_id, follow dan tag akun produk sponsor rasa yang dipakai dalam resep: @tulipchocolate, @cokelatcolatta, @mero.baking, @kraft_id, atau @keju_prochiz.

Gunakan hashtag yang telah ditentukan #fennychristmaschallenge #semuapakeblueband #semuabisabaking

Kompetisi offline - Streaming Cooking Battle, yakni tiga resep terpilih akan melakukan Cooking Battle secara IG Live dari Dapur Fenny pada tanggal 14 Desember 2021 untuk menentukan Juara 1. 

Sedangkan untuk juara favorit akan ditentukan melalui voting online di website (https://challenges.fennyonline.id) dan melalui story Instagram. Jadi bagaimana anak muda Bali? Sudah bergelorakah jiwa baking-mu?

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021