Denpasar (Antara Bali) - Resesi ekonomi yang melanda masyarakat Internasional tampaknya tidak terlalu berpengaruh terhadap niat wisatawan mancanegara (wisman) untuk datang berlibur ke Pulau Dewata, karena kedatangannya bertambah terus.

"Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara masih mengalami peningkatan berkat promosi wisata yang terus menerus dilakukan pelaku pariwisata di Bali," kata Asisten Direktur Kantor Perwakilan  Bank Indonesia Wilayah III Denpasar, Sunarto Selasa.

Dalam laporan kajian ekonomi regional Bali triwulan I-2012, menyebutkan sektor yang memiliki kontribusi terbesar dalam pertumbuhan ekonomi Bali  adalah dari sektor perpelancongan  yang mencapai 32,38 persen dan angka itu akan meningkat terus.

Dinas Pariwisata Bali mencatat bahwa jumlah kunjungan wisatawan mancanegara meningkat terus bahkan setiap bulannya masyarakat internasional yang terbang langsung dari negerinya ke daerah ini dengan tujuan berlibur bertambah banyak.

Wisatawan mancanegara yang umumnya datang dengan memanfaatkan fasilitas transportasi udara ke Bali selama Januari- Juni 2012 tercatat 1,3 juta oranag atau mengalami kenaikan hingga 7,73 persen jika dibandingkan periode sama 2011 hanya 1,2 juta orang.

Masyarakat yang datang berlibur ke pulau Dewata di awal 2012 sebagian besar atau 59,49 persen  yakni sebayak 814.804 orang yang terbang langsung dari negara-negara di kawasan Asia Pasifik, menyusul dari Eropa sebanyak 297.413 orang atau 21,71 persen.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012