Teater Mandiri yang tampil spesial dengan lakon GERR di hajatan Festival Seni Bali Jani III menyampaikan banyak kisah moral kehidupan manusia

GERR yang ditampilkan di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya, Denpasar pada Sabtu (30/10) merupakan lakon yang ditulis Putu Wijaya di Jakarta 40 tahun lalu, namun dengan versi diedit khusus untuk disajikan dalam Adilango (Pergelaran) FSBJ III.

GERR yang disutradarai Putu Wijaya itu memberikan banyak kisah moral kehidupan manusia. Dalam penyajiannya, GERR mendapat sambutan hangat dari penonton yang didominasi para seniman itu.  

GERR bercerita tentang Bima yang ketika hendak dikuburkan, hidup kembali. Keluarganya bingung karena setelah meratap histeris tiga hari tiga malam, sulit buat mereka menerima sejarah dibatalkan. Sebab semuanya sudah diselenggarakan dengan  khidmat, rapi sesuai dengan prosedur yang galib dilaksanakan.

Lebih  afdol buat mereka untuk melanjutkan upacara sampai tuntas, daripada membatalkannya. Untung ada saran yang tepat dari kedua Penggali Kubur yang membantu upacara 3 itu, sehingga kepanikan berakhir damai bagi semua pihak.

Putu Wijaya mengatakan, melalui pergelaran GERR ini, dirinya ingin menyampaikan manusia sebagai mahluk sosial dan mahluk individu selalu terjadi masalah dalam kehidupanya. 

Makhluk sosial, menginginkan agar mahluk individu itu tunduk kepada mereka, tetapi mahluk individu memerlukan udara yang bebas, sehingga terjadi konflik. Maka, konflik ini harus didamaikan dengan cara saling pengertian. 

Harus semuanya saling mengerti "take and give karena semuanya kadang-kadang separo-separo, seperti suami istri. Kadang-kadang sepertiga, dua pertiga tergantung dari kemampuannya. "Rumusnya tidak ada yang penting selain pemberian secara ikhlas" kata Putu Wijaya. 

Individu, kalau ingin tenteram dalam sebagai mahluk sosial, ia harus ikut dengan apa yang dikatakan komunitasnya. Tetapi, komunitas yang baik harus bisa menerima ekspresi individu, jangan sampai diubah, sehinga menjadi kehilangan. 

Jangan sampai seperti Bima untuk bisa berekpresi secara individu harus mengganti nama, ganti kulit, dan segala macam, sehingga dia tidak menjadi dirinya.

"Usahakanlah agar komunitas itu menampung individu-individu itu agar mereka tetap murni dan tidak lebur. Sama dengan negara kesatuan kita. Di setiap daerah masih tetap memiliki kedaerahannya, namun muncul sebagai kesatuan untuk menghadapi sesuatu yang dilakukan bersama," ucapnya.

Teater itu bukan hanya hiburan. Teater itu adalah suara dan pengalaman batin untuk dikomunikaskan kepada masyarakat. Karena dia merupakan dorongan batin, maka dia tidak bisa ditahan oleh apapun, sensor, masalah kekurangan dana, sarana, yang semua itu akan dilawan dengan kreativitas. 

Meskipun pandemi menyebabkan kita sulit mengumpulkan orang, sulit untuk berlatih, tetapi ada saja jalan karena adanya keinginan kita untuk berbicara berembug dengan masyarakat. Di masa pandemic, tidak menyulitkan orang untuk berkesenian, seperti ajang Festival Seni Bali Jani ini.

"Saya rasa di setiap kemalangan, kegagalan, dan disetiap kesusahan selalu ada janji kalau kita mau mencoba untuk menghidupkan kreativitas kita," ujarnya.

Lalu untuk perkembangan teater Bali, Putu Wijaya kemudian berharap, semua cabang kesenian itu manfaatnya besar sekali bukan hanya untuk hiburan. Lukisan misalnya bukan untuk hiasan saja, tetapi untuk keseimbangan bathin. 

Teater Mandiri juga memiliki macam-macam aspek, seperti pendidikan disiplin, etos kerja, dan tolerasnsi semua ada didalamnya. Kalau semua itu diterangkan maka, menjadi sebuah pembelajaran yang bagus.

"Karena bukan hanya menghafal teks, bukan cuma membuat orang senang tertawa, tetapi membuat orang berdisiplin, mengerti berbicara dengan baik, dan paham kapan harus diam, dan kapan harus berbicara," ucapnya.

Manfaat yang paling penting, bisa bekerja dalam satu tim, seperti namanya Teater Mandiri adalah independen. Artinya orang itu sanggup berdiri sendiri, juga cakap bekerja dengan orang lain, sehingga tidak individualistic, tetapi juga tidak nunut, seperti bebek. Itulah yang diupayakan dengan teater itu.

"Ketika teater menjadi kurikulum sekolah itu menarik sekali. Sayang sekali, kalau itu dilupakan lagi. Sebaiknya itu tetap dilaksanakan. Asal sekarang digali, apa sebetulnya makna pembelajaran seni, pembelajaran teater," ujar Putu Wijaya.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021