Dinas Pertanian Kota Denpasar, Bali, gencar menggenjot vaksinasi rabies bagi Hewan Penular Rabies (HPR) guna mengantisipasi dan mencegah penyakit tersebut di masyarakat.

Kepala Bidang Kesehatan Hewa Dinas Pertanian (Distan) Kota Denpasar, I Made Ngurah Sugiri di Denpasar, Minggu, menjelaskan vaksinasi HPR ini dilakukan dengan harapan dapat mendukung terciptanya kesehatan hewan berkelanjutan di Kota Denpasar.

"Vaksinasi rabies ini dilakukan untuk memastikan kesehatan HPR dan bebas rabies di Kota Denpasar,” ujarnya.

Hingga saat ini, kata Sugiri, pelayanan vaksinasi rabies bagi HPR seperti anjing, kucing dan kera/monyet masih dilaksanakan secara rutin. Hal ini dilakukan guna mendukung pelayanan vaksinasi untuk kesehatan HPR dapat diberikan secara maksimal.

"Kami khususkan bagi HPR yang pemiliknya adalah masyarakat Kota Denpasar, dan yang ingin memanfatkan layanan vaksinasi rabies gratis dapat menghububgi Distan Kota Denpasar Bidang Kesehatan Hewan di Nomor 0361 422224," ujar Sugiri.

Baca juga: Distan Denpasar targetkan 80 persen anjing divaksin rabies (video)

Sugiri juga mengatakan bahwa hal ini merupakan langkah berkelanjutan untuk mencegah virus rabies di Kota Denpasar.

Menurutnya, kini terdapat 52 ribu vaksin yang disiapkan untuk HPR yang pemiliknya merupakan masyarakat Kota Denpasar.

“Kami siagakan sekitar 52 ribu dosis vaksin rabies bagi HPR, program ini dilaksanakan secara gratis setiap harinya untuk masyarakat yang ber KTP Denpasar,” ucapnya.

Sugiri juga mengajak masyarakat untuk ikut andil mencegah penularan rabies di Kota Denpasar. Hal ini dapat dilaksanakan dengan cara sederhana, yakni untuk tidak melepas liarkan hewan peliharaanya yang tergolong HPR.

"Kami mengajak masyarakat untuk tidak melepasliarkan peliharaanya yang tergolong HPR, mari bersama kita cegah penularan rabies,” katanya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021