Wakil Bupati Tabanan, Provinsi Bali  I Made Edi Wirawan mengatakan guru-guru di daerah sekarang harus cakap bermedia digital, cakap numerasi, dan berkarakter dalam mencetak lulusan yang unggul.

"Ini sejalan dengan visi kabupaten Tabanan, yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana di Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang aman, unggul, dan madani (AUM)," katanya saat memberikan sambutan dalam webinar pendidikan secara virtual yang diikuti di Tabanan, Jumat.

Webinar bertopik "Membentuk SDM Guru Daerah yang memiliki keterampilan dan mampu beradaptasi dalam penguasaan media digital untuk pembelajaran" melalui live zoom dan Youtube sahabat guru itu dibuka Menkominfo Johnny G. Plate dan diikuti guru/tenaga kependidikan se-Tabanan.

Baca juga: Rektor Undiksha: Guru harus adaptif karena didik generasi digital

Dalam webinar yang diprakarsai Sahabat Guru bekerja sama dengan Kemenkominfo, Siberkreasi dan APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) itu, Wabup mengatakan keterbatasan ruang gerak untuk menyiapkan sarana dan prasarana pembelajaran di tengah situasi pandemi COVID-19 hendaknya mendorong pemerintah mampu bersinergi untuk menyuksesskan program literasi digital nasional.

"Program literasi digital itu sangat penting untuk peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan dalam rangka mewujudkan digitalisasi di sektor pendidikan serta gerakan serentak belajar. Peran dan tanggung jawab guru akan semakin kompleks, sehingga dituntut untuk senantiasa meningkatkan kemampuan profesionalnya," katanya.

Menurut dia, pemanfaatan teknologi informasi merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk diperhatikan dalam proses pembelajaran di semua jenjang pendidikan, terlebih di masa pandemi COVID-19, karena hal tersebut dapat mendayagunakan sumber-sumber belajar yang telah dikembangkan dalam bentuk aplikasi digital learning, sehingga akan merangsang terjadinya proses pembelajaran yang lebih baik.

Baca juga: Psikolog: Guru dan orang tua berperan penting dalam penguatan karakter anak

"Ke depan, hasil webinar ini nantinya mampu mendukung program merdeka belajar (bisa belajar dimana saja dan kapan saja), menciptakan suasana belajar yang baik bagi peserta didik dan guru, serta berfokus pada peningkatan kualitas SDM. Semua harus siap mengubah pola pikir dan perilaku serta mampu bertransformasi sesuai dengan tuntutan situasi yang terus berubah," katanya.

Kegiatan webinar ini merupakan wujud perhatian pemerintah daerah terhadap dunia pendidikan sebagai upaya nyata akselerasi peningkatan literasi digital guru menuju guru cakap bermedia digital, cakap numerasi, dan berkarakter, demikian  I Made Edi Wirawan.



 

Pewarta: Pande Yudha

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021