Denpasar (Antara Bali) - Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Bali Ketut Wija mengatakan, pembangunan bandar udara di kawasan utara Pulau Dewata ditetapkan berlokasi di Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng.

"Ini berdasarkan kajian teknis semua, tidak ada kajian baik tidak baik menurut kita. Itu kajian teknis dari segi penerbangan, arah angin, kecepatan angin, dan geografi," katanya di Denpasar, Rabu.

Ia menambahkan, studi kelayakan (feasibility study) dan desain detail rekayasa (detailed engineering design) untuk pembangunan bandara di Buleleng sudah selesai serta tinggal mencari investor.

Hingga kini pihaknya belum dapat memastikan kapan target pembangunan bandara tersebut dimulai karena masih tergantung kemauan investor.

Wija mengakui, supaya bandara di Buleleng dapat memberikan keuntungan secara ekonomis harus ditunjang akses jalan ke sana yang memadai. "Jika jalan tidak ada, siapa juga yang mau turun di sana," katanya.

Di sisi lain, memang sedang dikaji pembangungan beberapa jalan arteri yang dapat memperpendek jarak tempuh dari kabupaten/kota di wilayah Bali selatan menuju Buleleng.(LHS/IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012