Pemerintah Kabupaten Jembrana, Bali menitipkan program-programnya kepada anggota DPR RI yang berkunjung ke kabupaten tersebut.

"Ada program-program besar kami yang membutuhkan dukungan pemerintah pusat. Dengan pendapatan asli yang kecil, tanpa dukungan pemerintah pusat, program tersebut sulit kami jalankan," kata Bupati Jembrana I Nengah Tamba, saat menerima rombongan Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKASP) DPR RI, di Negara, Jembrana, Selasa.

Dengan pengawalan dari BKASP, ia optimis program-program yang disusun Pemkab Jembrana akan berjalan, sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Wakil Ketua BKASP DPR RI Putu Supadma Rudana mengatakan, pihaknya selalu berkeliling Indonesia untuk menyerap aspirasi daerah, serta menyosialisasikan program-program pemerintah pusat.

Baca juga: Wabup Jembrana ingin generasi muda mau jadi petani

Menurutnya, banyak program-program dari pusat yang bisa disalurkan ke daerah, sehingga program tersebut tepat sasaran dan merata.

"Khusus Kabupaten Jembrana, banyak potensi di daerah ini. Tidak hanya seni dan budaya, tapi juga kerajinan seperti tenun yang kami lihat luar biasa," katanya.

Ia juga mendukung program pembangunan Pemkab Jembrana, seperti rencana pembangunan Tibu Kleneng Tower Park, yang akan menjadi ikon kabupaten tersebut.

Pihaknya juga sepakat untuk menata Pelabuhan Gilimanuk sebagai pintu gerbang Pulau Bali, agar memberikan kesan yang mendalam bagi orang yang melintasinya.

"Untuk Gilimanuk kami akan sinergi dengan ASDP. Kami ingin Pelabuhan Gilimanuk menjadi pintu gerbang Pulau Bali yang istimewa, bukan hanya terkesan biasa-biasa saja," katanya.

Dalam kesempatan ini, ia juga menyatakan dukungannya terhadap pembangunan tol Pulau Bali, yang juga akan melintasi Kabupaten Jembrana.

Baca juga: PLN Peduli dukung UMKM Jembrana kembangkan ruang kreatif

Menurutnya, keberadaan jalan tol tersebut harus menampung kearifan lokal, termasuk mengakomodir produk-produk UKM di setiap tempat peristirahatannya.

"Sehingga tidak hanya jalannya yang dianggap penting, tapi juga dampak positif bagi masyarakat khususnya dari sisi ekonomi," katanya.

Ia mengatakan, BKASP merupakan badan lintas fraksi dan komisi di DPR RI seperti Komisi VI, IV, V, IX, XI dan VIII, sehingga badan ini bisa menampung berbagai hal.

Selain Bupati Tamba, turut hadir dalam pertemuan dengan BKASP ini Wakil Bupati Patriana Krisna, Sekda Jembrana I Made Budiasa, PT ASDP Indonesia Ferry Gilimanuk, Politeknik Kelautan Dan Perikanan Jembrana, PLUT Jembrana sebagai wadah UMKM, asisten Setda Jembrana serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah.

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021