London (Antara Bali) - Foto keragaman dan keindahan objek wisata taman laut Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, yang tergolong terbaik di dunia, dipamerkan di Prancis.

Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Paris, Arifi Saiman, kepada ANTARA London, Rabu menjelaskan, keindahan bawah laut Indonesia itu terungkap dalam pameran foto bertajuk "Plongees à Raja Ampat en Indonésie" yang diadakan Jean de Saint Vider de Saint Blancard, fotografer spesialis bawah air ternama Prancis.

Pameran foto dibuka Député Maire de Rueil-Malmaisin, Patrick Ollier, yang adalah mantan Menteri Hubungan Parlemen Prancis, dihadiri sekitar 75 tamu undangan, di antaranya dari KBRI Paris, kalangan tur operator dan masyarakat pecinta seni fotografi bawah laut.

Menurut Arifi, karya fotografi yang ditampilkan dalam pameran ini menyuguhkan keindahan flora dan fauna taman laut Raja Ampat dengan nuansa pemandangan gugusan terumbu karang dan kuda laut mini hippocampe pygmée yang menjadi ikon utama taman laut Raja Ampat khususnya di kalangan pecinta diving.

Pada pembukaan pameran fotografi wisata bawah laut itu juga dipresentasikan kekayaan dan keragaman objek bahari Indonesia bertempat di la Médiathèque Rueil-Malmaison Prancis, dengan memfokuskan pada wisata surfing atau selancar dan diving.

Untuk objek wisata surfing mempresentasikan Pantai Mentawai di Sumatera Barat dan Pantai Plengkung di Banyuwangi, Jawa Timur, yang dikenal sebagai surga bagi pecinta olah raga selancar tersebut. Ketinggian ombak Pantai Mentawai berkisar enam hingga tujuh meter, sedangkan Pantai Plengkung empat sampai enam meter.

Selain itu mengangkat empat lokasi taman laut yang menjadi surga pecinta diving, yaitu kawasan taman laut Bunaken, taman nasional laut Wakatobi, taman laut Raja Ampat dan kawasan perairan laut Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, selatan Pulau Bali, ujar Arifi.

Taman laut Bunaken merupakan rumah bagi gugusan terumbu karang yang sangat indah dan wilayah perairan ini juga dihuni ikan prasejarah Coelacanth (Latimeria Chalumnae) yang sangat langka.

Sementara taman nasional laut Wakatobi selain memiliki gugusan terumbu karang yang mempesona, juga merupakan habitat paus putih (sperm whale).

Taman laut Raja Ampat memiliki gugusan terumbu karang yang indah dan kehidupan bawah laut yang memikat seperti pigmy sea horse (hippocampe pygmée) dan hiu karpet (hiu wobeggong).

Sedangkan perairan Nusa Penida memiliki keunikan sebagai kawasan diving karena para divers berkesempatan untuk melihat ikan mola-mola (ikan matahari) yang tergolong langka dan unik.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012