Bogor (Antara Bali) - Pusat Penelitian Kehutanan Antarbangsa (CIFOR) bersama mitra kerja menggagas sebuah wisata belanja mebel di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Ketua Penelitian Rantai Nilai Mebel (Furniture Value Chain/FVC) CIFOR Dr Herry Purnomo kepada ANTARA di Bogor, Selasa menjelaskan, industri mebel dan kerajinan kayu merupakan jantung utama perekonomian Kota Jepara.

Mitra kerja dalam program itu adalah Pusat Penelitian Pertanian Internasional Australia atau "Australian Centre for International Agricultural Research" (ACIAR).

Proyek FVC dilaksanakan oleh CIFOR bekerja sama dengan Forum Rembug Klaster (FRK) Jepara, Pemerintah Kabupaten Jepara, Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan (Balitbanghut) Kementerian Kehutanan, dan Fakultas Kehutanan IPB.

Menurut dia, FVC melakukan penelitian kaji tindak terkait keberlangsungan industri mebel Jepara dan para perajinnya.

Dalam rangka diseminasi dan berbagi informasi tentang hasil-hasil penelitian rantai nilai mebel Jepara, pihaknya mengundang jurnalis untuk turut serta dalam kegiatan "selusur jejak" bersama dan peluncuran buku di Jepara, tanggal 11-13 Juli 2012.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012