Biak (Antara Bali) - Bupati Kabupaten Biak Numfor Yusuf Melianus Maryen meminta masyarakat adat sebagai pemilik hak ulayat ikut mendukung program pariwisata yang saat ini gencar dipromosikan ke berbagai negara.

"Berbagai objek wisata di Biak penguasaan lahanya berada di wilayah masyarakat adat, karena itu pemerintah daerah berharap warga mendukung program pariwisata sehingga bisa memberikan pendapatan bagi penduduk setempat," katanya menanggapi promosi wisata Biak Numfor, Rabu.

Bupati Maryen mengakui peran masyarakat pemilik hak ulayat untuk mendorong promosi pariwisata Biak ke berbagai negara cukup berpengaruh.

Sebagai contoh, kata Bupati Maryen, keindahan alam laut Biak yang menyimpan potensi perikanan harus dijaga bersama serta tidak boleh menangkap ikan menggunakan bahan kimia atau bahan peledak karena merusak biota laut.

"Saya harap peran masyarakat adat sebagai pemilik hak ulayat bisa lebih nyata dengan ikut memelihara dan menjaga keindahan lingkungan alam sekitarnya sehingga menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke daerah ini," katanya.(IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012