Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Pangkalan TNI AL/Lanal) Denpasar, Bali melakukan vaksinasi COVID-19 tahap kedua kepada masyarakat dengan menyasar 600 warga di sekitar Pelabuhan Benoa.

"Kegiatan vaksinasi COVID-19 tahap kedua yang kami lakukan menyasar 600 masyarakat umum dan masyarakat maritim di sekitar Pelabuhan Benoa," kata Komandan Lanal (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana di kawasan Pelabuhan Benoa, Bali, Selasa.

Ia menyebut vaksinasi berlangsung tertib dengan menerapkan protokol kesehatan. "Hari ini masyarakat datang dengan tertib dan menaati protokol kesehatan (prokes) untuk mendapatkan suntikan vaksin jenis AstraZeneca. Dari 600 yang mendaftar semuanya bisa divaksin," ujarnya.

Baca juga: Lanal Denpasar lakukan sholat ghaib bagi kru KRI Nanggala-402

Ia mengatakan semua masyarakat diwajibkan untuk mendapatkan vaksinasi sebagai upaya menekan pandemi COVID-19. Vaksinasi massal ini adalah program pemerintah dan upaya memutus rantai penyebaran COVID-19.

Pihak Lanal Denpasar pada Jumat (2/7) melakukan vaksinasi tahap pertama sebanyak 500 orang sehingga keseluruhan sasaran vaksinasi hingga saat ini menjadi 1.100 orang.

"Meskipun kita telah divaksin namun pedoman protokol kesehatan penanganan COVID-19 tetap harus ditaati dalam beraktivitas sehari-hari dan harus mengikuti prokes yang telah ditetapkan mulai dari mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, mencegah terjadinya kerumunan, membatasi aktivitas dan meningkatkan imun kita dengan aktivitas seperti olahraga dan makan-makanan yang bergizi," ucapnya.

Baca juga: Lanal Denpasar gagalkan orang masuk bak truk agar "lolos" di Gilimanuk

Danlanal Teguh Ardana mengatakan manfaat vaksinasi tersebut agar warga memiliki kekebalan tubuh sehingga tidak rentan tertular COVID-19. Warga juga diminta taat menerapkan protokol kesehatan.

Vaksinasi tersebut dilakukan oleh tenaga medis dari Balai Kesehatan (BK) TNI AL Lanal Denpasar, Dinkes Kota Denpasar, KKP Kelas 1 Pelabuhan Benoa dan Tim Nakes Polresta Denpasar.

Seluruh rangkaian kegiatan vaksinasi tahap kedua tersebut dilaksanakan dengan tertib sesuai tahapan yang sudah ditentukan oleh tim vaksinator serta tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah.
 

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021