Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi 2018, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana melalui kegiatan bertajuk “HULU HILIR : Kolaborasi Awal Tanpa Akhir” memfasilitasi pemasaran olahan pangan lokal Bali.
 
"Dalam kesempatan ini, kami mengajak generasi muda yang memiliki ketertarikan untuk menjadi fasilitator dalam mengoptimalkan potensi sektor pertanian," kata Head of Event Division HULU HILIR I Gusti Agung Ayu Rahma Praminia, dalam siaran pers yang diterima di Denpasar, Bali, Rabu.
 
Ia mengatakan bahwa proses pemasaran potensi pangan Bali ini dilakukan melalui kegiatan Saturday Trip with Wijaya Farm Indonesia.

Baca juga: Universitas Udayana dukung pemasaran hasil panen petani lokal terdampak COVID-19
 
Kegiatan Saturday Trip with Wijaya Farm yang terbagi menjadi tiga rangkaian perjalanan. Perjalanan pertama yaitu mini collaboration yang mengajak peserta untuk melakukan kolaborasi bersama petani lokal dalam menyiram dan merawat pangan lokal. 
 
Perjalanan kedua adalah the farm game, permainan yang wajib dilakukan oleh peserta, apabila peserta dapat mengikuti alur dan ketentuan yang telah diberikan maka peserta akan mendapatkan pangan lokal dari Wijaya Farm Indonesia. 
 
Perjalanan terakhir adalah Wijaya Farm’s kitchen yang mengajak peserta untuk membuat atau mengolah pangan lokal yang telah mereka dapatkan sebelumnya menjadi olahan seperti jus dan salad.
 
Baca juga: Unud kembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa

Kegiatan ini turut bekerjasama dengan Wijaya Farm Indonesia. Melalui pemasaran ini sekaligus meluncurkan produk baru berupa olahan sayur dan buah dalam bentuk salad yang diperoleh dari petani lokal Bali.
 
Owner Wijaya Farm Indonesia I Putu Yudhi Arta Wijaya mengatakan bahwa dari kegiatan ini semoga bisa berdampak positif bagi petani lokal Bali khususnya. 
 
“Harapannya tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai dan kolaborasi yang terjalin tetap berlanjut serta berdampak positif untuk petani dan pangan lokal Bali kedepannya," katanya.
 

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021