Kiev (Antara Bali) - Tuan rumah Piala Eropa 2012, Ukraina, pada Senin waktu setempat naik ke puncak klasemen Grup D setelah menang 2-1 atas Swedia di depan pendukungnya di Kiev, setelah Inggris dan Prancis hanya bermain imbang 1-1 pada pertandingan pembuka di Donetsk.

Dua gol dari ikon Ukraina, Andrei Shevchenko, mengamankan tiga poin bagi pasukan Oleg Blokhin, setelah kapten Swedia, Zlatan Ibrahimovic, membuat tim tamu unggul di Stadion Olimpiade, di ibukota Ukraina.
       
Pelatih Swedia, Erik Hansen, telah menjadikan Ukraina sebagai favorit sebelum pertandingan dimulai karena memiliki keunggulan sebagai tuan rumah, namun Blokhin tidak dapat memimpikan awal yang lebih indah lagi, setelah penampilan buruk sebelum turnamen dan masalah keracunan makanan yang sempat mengganggu timnya.
       
Pada pertandingan sebelumnya, Joleon Lescott membuat Inggris memimpin pada menit ke-30, melalui tandukan menyambut tendangan bebas Steven Gerrard dari sisi kanan, setelah Patrice Evra melanggar James Milner.
       
Kemudian Samir Nasri mampu menyamakan kedudukan sembilan menit berselang, melalui tembakan kaki kanan akurat dari luar kotak penalti, yang masuk ke sisi kanan gawang Joe Hart.
       
Hart sempat melakukan penyelamatan hebat saat menggagalkan tandukan Alou Diarra - salah satu aksi penyelamatan yang mengamankan satu poin bagi Inggris.
       
Hasil imbang ini membuat Prancis sekarang tidak terkalahkan dari 22 pertandingan namun Inggris terlihat cukup bahagia dengan satu poin ini, setelah berbagai masalah yang menimpanya seperti cederanya pemain-pemain kunci seperti Frank Lampard, dan sanksi larangan bermain untuk Wayne Rooney.(*/M038/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012