Jimbaran (Antara Bali) - Provinsi Bali dinilai merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang telah menerapkan konsep ekonomi biru atau "blue economy" melalui pengembangan konservasi sumber daya alam laut dan wisata bahari.

"Bali sudah melakukan konsep ekonomi biru karena wilayah ini lebih banyak jenis industri ringan dan menerapkan konsep 'green and blue economy'. Penerapan konsep ini di Bali sudah benar," kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C. Sutardjo di Pantai Kedonganan, Jimbaran, Kabupaten Badung, Sabtu.

Industri ringan yang dimaksud adalah industri pariwisata yang selama ini telah dikelola dengan baik melalui pembagian wilayah-wilayah pariwisata dan kelautan di seluruh pesisir Pulau Dewata.

Konsep ekonomi biru yang terkait langsung dengan kehidupan pesisir dan laut itu tidak hanya ditujukan untuk pembangunan kelautan dan perikanan saja, melainkan juga mendukung pembangunan kelautan dan perikanan yang efisien tanpa limbah, rendah emisi karbon, dan ramah lingkungan.

Pihaknya mencontohkan penerapan konsep ekonomi biru di beberapa negara yang sudah maju di antaranya Kanada, China, dan Korea Selatan.(DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012