Denpasar (Antara Bali) - Atraksi atau pawai budaya yang akan memeriahkan pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XXXIV tahun 2012 di Denpasar, Minggu (10/6) pukul 14.00 Wita disajikan dalam berbagai bentuk dan keragaman kesenian Pulau Dewata serta Nusantara.
        
"Penampilan duta seni dari delapan kabupaten dan satu kota di Bali ditata sedemikian rupa untuk memberikan nuansa baru yang berbeda dengan kegiatan serupa tahun-tahun sebelumnya," kata I Gede Arya Sugiartha, anggota tim pawai PKB, di Denpasar, Jumat.
        
Ia mengatakan, penataan pawai yang akan disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu diharapkan mampu memberikan nuansa baru menyangkut peserta, bentuk dan tata penyajiannya.
        
Pawai pembukaan PKB selain melibatkan duta seni dari delapan kabupaten dan satu kota di daerah ini juga melibatkan instansi pemerintah dan perguruan tinggi.
        
"Mereka memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pengembangan dan pelestarian seni budaya kita, sekaligus menampilkan kreativitas dalam menyemarakkan aktivitas seni tahunan ini," ujar Arya Sugiartha yang juga Pembantu Rektor II Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.
        
Didampingi Putu Sedana, Kepala Seksi Pelestarian dan Pengembangan Seni pada Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, ia mengatakan, lima perguruan tinggi negeri dan swasta ikut memeriahkan PKB kali ini.
        
Keempat perguruan tinggi itu meliputi Universitas Hindu (UNHI), Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, Universitas Warmadewa, Universitas Udayana (Unud) dan ISI Denpasar.(*/M038/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012