Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta menyampaikan apresiasi atas kinerja Bawaslu Provinsi Bali maupun Kabupaten Badung serta KPU Badung beserta jajarannya dalam menyukseskan tahapan pelaksanaan Pilkada Badung tahun 2020.

"Kami berterima kasih kepada jajaran Bawaslu baik Provinsi maupun Badung, KPU kabupaten beserta jajaran dan juga seluruh pihak lainnya dan masyarakat yang telah mensukseskan semua tahapan Pilkada Badung tahun 2020 secara aman, damai, lancar dan tentunya sesuai dengan regulasi yang ada,” ujar Bupati I Nyoman Giri Prasta saat menerima audiensi Bawaslu dan KPU Provinsi Bali didampingi KPU Kabupaten Badung di Badung, Senin.

Ia mengatakan, pada Pilkada Badung tahun 2020, tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung sebanyak 84.62 persen yang merupakan angka partisipasi tertinggi selama kurun waktu 15 tahun terakhir.

Baca juga: Enam Bawaslu di Bali kembalikan Rp7,8 miliar dana sisa pilkada

Menurutnya, capaian tersebut merupakan hasil dari upaya bersama untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada. Meskipun begitu, Bupati Giri Prasta juga tetap meminta kepada pihak Bawaslu dan KPU beserta jajarannya untuk senantiasa berperan aktif dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat dengan menggandeng partai politik.

"Hal tersebut dilakukan untuk mewujudkan kehidupan demokrasi yang sehat dan berkualitas khususnya di wilayah Kabupaten Badung," katanya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Bali Ketut Ariyani juga berterima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Badung yang telah mendukung tugas Bawaslu dalam Pilkada Badung tahun 2020.

"Terima kasih juga kepada Bupati Giri Prasta yang telah berkenan menerima audiensi Bawaslu Provinsi Bali dalam rangka penyerahan laporan akhir (komprehensif) pengawasan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung tahun 2020 yang telah berjalan dengan lancar dan sukses berkat dukungan semua pihak," katanya.

Baca juga: KPU tetapkan Giri Prasta-Suaisa kembali pimpin Badung

Sedangkan Ketua KPU Provinsi Bali, Dewa Agung Lidartawan didampingi Ketua KPU Badung Wayan Semara Cipta beserta jajaran menyampaikan terima kasih atas partisipasi masyarakat Badung dalam mensukseskan pilkada tahun 2020.

Menurutnya, berkat dukungan semua pihak serta berdasarkan hasil pemungutan dan penghitungan suara, tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Badung mencapai angka di atas 80 persen.

"Kami menyerahkan laporan akhir tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung tahun 2020, sekaligus mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Bapak Bupati memimpin Badung di periode yang kedua ini," ujarnya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021