Executive Vice President East Area Sales PT Telkomsel Andri Wibawanto mengatakan, sebanyak 330 BTS di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami gangguan akibat terjangan siklon tropis Seroja pada 4 April 2021.

"Kondisi ini telah berakibat pada tidak maksimalnya layanan Telkomsel di ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) itu", kata Andri Wibawanto pada joint presscon nasional terkait Ramadhan Idul Fitri, Senin.

"Kondisi paling parah terjadi di Kota Kupang. Ada 330 BTS yang saat ini masih terganggu," katanya menjelaskan.

Baca juga: Telkomsel percepat pemulihan jaringan dampak bencana di NTT

Dia menambahkan, saat ini kondisi jaringan Telkomsel di provinsi berbasis kepulauan Nusa Tenggara Timur masih ada di kisaran 64-an persen.

Masih ada 36 persen yang menjadi pekerjaan rumah Telkomsel untuk mengembalikan ke posisi semula.

Dari 36 persen ini, kebanyakan kendalanya karena masalah pasokan listrik.

Menurut dia, Telkomsel telah menyediakan lebih dari 120 mobil pickup power, selain 121 genset biasa untuk mendukung pelayanan jaringan Telkomsel.

Baca juga: Telkomsel dukung Bali dalam publikasi edukasi COVID-19

Telkomsel juga telah menyediakan 13.500 liter Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk menjaga network Telkomsel.

"Tetapi yang agak berat itu ada enam BTS yang roboh di NTT. Itu yang agak membutuhkan waktu untuk pemulihan," katanya menjelaskan.

Sementara untuk memudahkan evakuasi oleh para relawan, Telkomsel mengirimkan unit siaga Tim Telkomsel Emergency Response and Recovery Activity (TERRA), bekrja sama dengan BNPB dari wilayah terdekat.

Tim TERRA mendirikan posko bantuan antara lain di Kantor Walikota Kupang, Kantor BPBS Kupang, dan Gereja Bethel Oespa.

Selain pemulihan jaringan, untuk keperluan komunikasi pengguna mereka, Telkomsel menyediakan paket khusus bebas telepon dan SMS untuk pengguna di wilayah NTT, antara lain Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Malaka, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Flores Timur, dan Kabupaten Lembata.

Paket tersebut bisa digunakan untuk menelepon ke semua operator selama 50 menit dan 250 SMS untuk pengguna prabayar, dan 100 menit bebas telepon untuk sesama Telkomsel bagi pengguna kartu pascabayar.

Paket tersebut bisa diakses di nomor *888*20# atau mengirim SMS ke 8999 dengan mengetik NTT (prabayar) atau NTTKH (pascabayar), untuk periode aktivasi 7-13 April.
 

Pewarta: Bernadus Tokan

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021