Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, mengapresiasi semangat gotong-royong krama Pengempon Pura Gede Munduk Malang, Desa Gadungan, Kecamatan Seltim, Kabupaten Tabanan, Bali, dalam pembangunan wilayahnya.

"Hal itu sesuai dengan visi misi pembangunan Kabupaten Tabanan menuju Tabanan era baru yang aman, unggul, madani (AUM)," kata Wabup Edi Wirawan saat menghadiri Upacara Pemlaspasan Penyengker dan Kori Agung Pura Gede Munduk Malang, Kamis (11/3/2021).

Menurut dia, gotong-royong itu sangat perlu dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat dalam rangka membangun. "Ini sangat luar biasa. Apa yang menyebabkan luar biasa? Pembangunan ini berkat gotong-royong krama pengempon Pura Gede Munduk Malang ini. Luar biasa, tepuk tangan dumun," ujarnya.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Tabanan, ia sangat mengapresiasi sekali dengan apa yang telah dilakukan oleh krama Munduk Malang, Gadungan. Kedepannya, ia meminta krama membangun komunikasi yang lebih baik lagi dengan Pemerintah Kabupaten, begitupun dengan koordinasinya juga ditingkatkan.

Baca juga: Pemkab Tabanan perketat protokol kesehatan saat persembahyangan di Pura Candi Mas

"PAD Kabupaten Tabanan saat ini cukup memprihatinkan akibat pandemi yang berlangsung cukup panjang, sehingga infrastruktur belum dapat dibenahi, termasuk yang ada di Desa Gadungan. Dalam perubahan APBD tahun ini, sebentar lagi akan turun hotmic. Kalau gak salah, habis Nyepi ini sudah berjalan. Saya harap setelah diwujudkan, mari kita rawat jalan itu bersama-sama," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Upacara Pemlaspasan I Wayan Muliartana, mengucapkan terima kasih kepada Wabup Edi beserta undangan karena telah menyaksikan kegiatan upacara yang dilaksanakan pengempon Pura Gede Munduk Malang yang berjumlah 336 KK yang tersebar di Desa Gadungan.

"Untuk biaya yang dihabiskan sebesar Rp300 juta untuk pembangunan penyengker dan Kori Agung, yang berasal dari urunan warga pengempon Pura sebesar Rp1 juta masing-masing KK. Pembangunan tidak berhenti di penyengker dan kori agung saja, namun akan dilakukan secara bertahap menyeluruh ke seluruh bangunan Pura," katanya.

 

Pewarta: Pande Yudha

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021