Denhaag (Antara Bali) - Berbagai industri pariwisata di Belanda seperti Dari Java, Smaragd dan Merapi ikut mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Eropa di Tong-tong Festival yang tengah berlangsung di lapangan Malieveld, Denhaag, 17-28 Mei 2012.

"Dari Java ikut membantu dan mendukung mempromosikan obyek wisata kita di Tong-tong Festival," ujar Robert  dan Sifa Silvana Feddes yang ditemui ANTARA London di anjungan Kementerian Pariwisata dan EKonomi Kreatif  Tong-tong Festival,  Kamis(24/5) siang.

Dikatakan, pasar malam Indonesia maupun Tong-tong Festival bukan hanya dihadiri oleh orang yang mau mencicipi makanan Indonesia atau yang hendak belanja saja, wisatawan yang sedang berorientasi pun bertebaran di pameran Tong-tong.

Industri pariwisata Belanda mengakui bahwa sangat menghargai Kementerian Pariwisata  yang menfasilitasi tempat di Tong-tong Festival untuk yang kebeberapa kalinya. "Kami sangat menghargai fasilitasi dari Kementerian Pariwisata Indonesia," ujar Sifa.

Dikatakannya pengalaman Dari Java sejak hari pertama pembukaan Tong-tong Festival, meskipun bukan pasar pariwisata tetapi banyak yang berminat untuk berlibur ke Indonesia pada bulan Juli tahun 2012 dan tahun 2013, dengan mencari berbagai informasi terlebih dahulu, ujar Sifa.

Menurut Sifa, hingga saat ini Dari Java telah memiliki SGR Stichting Garantiefonds Reisgelden , semacam asuransi yang memberikan jaminan kepada wisatawan .  SGR merupakan  organisasi yang bertanggung jawab penuh dalam mengembalikan seluruh biaya atau uang wisatawan yang sudah keluar untuk membayar seluruh biaya perjalanan pada satu biro perjalanan yang kemudian biro perjalanan itu gulung tikar.

Suatu biro perjalanan mendapat kepercayaan penuh di pasaran atau kepercayaan masyarakat setelah biro perjalanan tersebut menjadi atau terdaftar sebagai anggota SGR, ujarnya.(*/M038/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012