Denpasar (Antara Bali) - Sekitar 500 peserta Festival Yoga dan Meditasi Internasional (FYMI) di Karangasem pada 13-15 April 2012, mendemonstrasikan 100 gerakan berbasis pemusatan pikiran.

"Para peserta akan mendemonstrasikan gerakan yoga yang menggabungkan unsur seni dan bela diri," kata Ketua FYMI I Wayan Sujana saat dihubungi dari Denpasar, Jumat.

Para peserta festival itu mewakili berbagai negara ditambah utusan dari 13 "pasraman" atau pusat pembinaan mental di Bali.

Demontrasi yoga dari masing-masing peserta dikemas dalam suguhan seni yang ditampilkan pada hari kedua dari tiga hari kegiatan festival tersebut.

Wayan Sujana menambahkan bahwa dari 13 pasraman di Bali, masing-masing akan menampilkan gerakan-gerakan yoga yang satu sama lainnya berbeda.

Unjuk kemampuan yoga dari masing-masing pasraman itu juga dikombinasikan dengan penampilan seni tari Siddha Urif garapan pasraman Ratu Bagus Karangasem. Yayasan Anand Krishna Ashram juga berpartisipasi dalam festival tersebut dengan menampilkan barongsai dan "Topeng Bondres".

Selain itu, Pusat Kebudayaan India di Bali juga menyuguhkan kesenian khas negara tersebut (M038/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012