Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, terus melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai lokasi sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

"Melawan dan memerangi COVID-19 harus kami lakukan secara konsisten dan masif dari hulu sampai hilir. Ini merupakan kerja bersama yang melibatkan semua unsur baik itu pemerintah, relawan, satgas gotong royong maupun masyarakat," ujar Penjabat sementara (Pjs) Bupati Badung Ketut Lihadnyana saat kegiatan penyemprotan disinfektan di kawasan Desa Dalung, Badung, Jumat.

Ia mengatakan, pihaknya juga telah melakukan penyemprotan disinfektan bersinergi dengan Satpol PP dan BPBD Badung di seluruh sudut lingkungan Pusat Pemerintahan Badung untuk mencegah penyebaran COVID-19 di perkantoran.

Ketut Lihadnyana menjelaskan penyemprotan disinfektan dan sidak penerapan disiplin protokol kesehatan akan terus dilakukan berkaca dari terus adanya penambahan kasus, terutama akibat transmisi lokal.

"Badung sebagai daerah tujuan wisata harus selalu kami jaga keamanan dan kenyamanannya. Melalui kegiatan seperti ini kami berharap Badung bisa segera keluar dari kondisi seperti sekarang," ungkapnya.

Terkait penyemprotan di lingkungan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan setempat, Wayan Wirya menjelaskan bahwa kegiatan merupakan komitmen Pemkab Badung untuk terus menekan dan mencegah penyebaran COVID-19 yang diharapkan bisa menekan penyebaran virus COVID-19 di klaster perkantoran.

"Kami berharap wabah COVID-19 ini bisa segera berakhir, sehingga kami dapat kembali bekerja secara optimal memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Selain penyemprotan disinfektan, sejak kasus positif COVID-19 di Indonesia terkonfirmasi pada awal bulan Maret 2020, Pemkab Badung telah melakukan berbagai langkah pencegahan terhadap penyebaran COVID-19.

Langkah pencegahan tersebut di antaranya adalah pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk kantor, penyediaan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer di berbagai titik ruangan, penyebarluasan video edukasi hidup sehat serta penerapan kebijakan kerja dari rumah.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020