Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bali melaporkan hingga Rabu (12/8) tercatat jumlah pasien COVID-19 di daerah setempat yang telah sembuh secara kumulatif sebanyak 3.425 orang.

"Jika dipersentasekan, jumlah pasien sembuh hingga hari ini menjadi 87,22 persen. Tingkat kesembuhan ini meningkat dibandingkan hari sebelumnya sebesar 87,05 persen," kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra, di Denpasar, Kamis.

Sedangkan jumlah kumulatif pasien positif COVID-19 hingga hari ini menjadi 3.927 orang. "Untuk hari ini ada tambahan 35 kasus baru yang semuanya transmisi lokal," ucap pria yang juga Sekda Provinsi Bali itu.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bali juga mencatat pada hari ini nihil kasus meninggal dunia, sehingga jumlah kumulatif pasien yang meninggal dunia tetap 49 orang atau 1,25 persen.

Sedangkan untuk pasien positif dalam perawatan (kasus aktif) yang berada di 17 rumah sakit, dan dikarantina di Bapelkesmas, UPT Nyitdah, Wisma Bima, Hotel Ibis, Hotel Grand Mega dan BPK Pering) sebanyak 453 orang (11,54 persen).

Baca juga: 87,05 persen tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Bali

Dewa Indra menambahkan, jumlah angka positif di Bali sebagian besar masih didominasi oleh transmisi lokal secara kumulatif sebanyak 3.534 orang, pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) sebanyak 306 orang dan pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) sebanyak 87 orang.

Meskipun data kesembuhan pasien COVID-19 semakin bertambah, pihaknya tetap mengajak semua lapisan masyarakat untuk tetap menjaga diri dan kesehatannya, dengan menerapkan protokol kesehatan dimana saja dan kapan saja sehingga antara satu orang dan yang lainnya akan saling menjaga.

Menurut dia, kesadaran dan partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk menerapkan protokol kesehatan sesuai Tatanan Kehidupan Era Baru menuju Masyarakat Bali yang produktif dan bebas COVID-19. "Maskerku melindungimu, maskermu melindungiku," ucap Dewa Indra.

Baca juga: GTPP Bali: 3.356 pasien COVID-19 sudah sembuh

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020