Delapan jajaran Kodim yang berada di bawah komando Korem 163/Wirasatya melakukan pendisiplinan masyarakat pada setiap fasilitas publik di Bali, selama penerapan adaptasi kebiasaan baru (tatanan kehidupan baru).

"Tahap awal penerapan tatanan kehidupan baru ini kan 9 Juli 2020, lalu telah dibuka seperti akses pasar tradisional, tempat wisata, toko-toko ataupun fasilitas publik lainnya dalam skala lokal, yang semuanya kembali secara ketat menerapkan prosedur protokol kesehatan," kata Kapenrem 163/Wira Satya Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia, saat dikonfirmasi di Denpasar, Senin.

Ia mengatakan bahwa hingga saat ini terlihat belum sepenuhnya masyarakat bisa menerapkan secara sadar sebagai bagian penting dalam keselamatan dan kesehatan untuk menghadapi pandemik COVID-19 yang sampai saat ini belum mereda atau ada penurunan kasus.

Implementasi di lapangan dengan bersinergi bersama aparat Kepolisian, instansi pemerintah, Satpol PP, desa dinas, desa adat, termasuk pecalang sebagai unsur pengamanan tradisional.

Sasarannya antara lain pasar tradisional, toko-toko, tempat penyelenggaraan ibadah keagamaan dan juga tempat-tempat wisata yang sudah mulai dibuka termasuk fasilitas publik lainnya yang memang berdasarkan pertimbangan membutuhkan untuk diawasi dan dimonitor.

Baca juga: Prajurit Pasmar 2 sosialisasikan pentingnya APD

"Aparat kita mengawasi mobilitas masyarakat seperti di pasar bagaimana perilaku antara pengunjung pasar dan pembeli apakah sudah menggunakan masker, kemudian apakah masker sudah digunakan dengan baik bukan turun ke dagu atau saat transaksi dilepas karena dipikir lebih leluasa untuk berbicara. Pada fasilitas publik semacam pasar atau tempat wisata apakah sudah ada cek suhu, penyediaan fasilitas cuci tangan dan pemberitahuan melalui pengeras suara untuk jaga jarak baik physical maupun social distancing," tutur Kapenrem.

Sebelumnya, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra mengatakan untuk jumlah secara kumulatif angka positif COVID-19 di Bali sebanyak 3.157.

Sedangkan jumlah kumulatif pasien yang sembuh sebanyak 2.489 orang dengan persentase mencapai 78,84 persen. Untuk jumlah kumulatif kasus meninggal dunia tetap 48 orang atau 1,52 persen.

Pada (26/7) Dewa Made Indra mengatakan ada 43 penambahan kasus baru positif COVID-19 karena transmisi lokal, dan tercatat ada 81 pasien positif COVID-19 yang sembuh.

Ia mengatakan jumlah angka positif di Bali sebagian besar didominasi oleh transmisi lokal. Untuk itu, dia tetap mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020