Pusat perbelanjaan atau mal di Kota Denpasar, Bali, seperti Level 21 Mall, meningkatkan implementasi protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 dengan meluncurkan sistem barcode check-in bagi para pengunjung yang memasuki area mal itu.

"Sistem barcode check-in oleh SpeedID ini telah kami luncurkan dan kami sosialisasikan bersama Dinas Perindustrian & Perdagangan Kota Denpasar dan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Denpasar," ujar Mall Manager Level 21 Mall, Zenzen Guisi Halmis, di Denpasar, Rabu.

Ia menjelaskan, sistem check-in tersebut diterapkan untuk memantau kapasitas kunjungan di area mal agar skema physical distancing dapat diterapkan dengan lebih baik dan maksimal. "Sistem ini juga melengkapi berbagai protokol kesehatan yang telah kami terapkan sebelumnya di kawasan mal untuk melindungi mitra, karyawan dan pengunjung serta memprioritaskan kesehatan dan keamanan," katanya.

Berbagai protokol kesehatan yang telah diterapkan di mal tersebut diantaranya adalah, pemeriksaan suhu tubuh di seluruh pintu masuk dengan thermo gun, pemasangan stiker dan tanda panduan physical distancing di setiap fasilitas umum, peningkatan ketersediaan automatic hand sanitizer di berbagai titik.

Kewajiban penggunaan alat pelindung diri bagi karyawan yang beroperasi di lapangan, penyemprotan desinfektan secara berkala dan penempatan poster imbauan.

Selain itu, pusat perbelanjaan tersebut, juga menjadi mal pertama di Bali yang menerapkan sistem touchless atau tanpa sentuh di setiap pintu masuk untuk mengurangi adanya kontak fisik di fasilitas umum dengan menginstalasi tombol sensor di lift dan area parkir.

"Ini kami lakukan untuk memastikan bahwa para pengunjung merasakan sebuah pengalaman belanja yang aman dan nyaman melalui touchless experience," ungkap Zenzen Guisi Halmis.

Ia menambahkan, pengelola mal juga memiliki program Online Order Delivery Service atau sistem belanja secara daring yang didirikan independen oleh manajemen Level 21 Mall Denpasar dengan menggabungkan jasa Personal Shopper serta Same Day Delivery.

"Sementara untuk Walk In Service dipastikan akan membuat para pengunjung yang datang langsung ke Level 21 Mall Denpasar tetap bisa merasa nyaman dan aman sesuai protokol kesehatan pencegahan COVID-19," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari mengatakan, pihaknya mengapresiasi sistem barcode check-in bagi para pengunjung yang diterapkan di mal tersebut.

"Ini bagus sekali karena dari sana bisa terpantau jumlah tingkat kunjungan termasuk juga tracking para pengunjung. Kami harap semua pusat perbelanjaan yang lain juga dapat mengikuti sistem check-in ini," katanya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020