Denpasar (Antara Bali) - Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Provinsi Bali melakukan aksi sosial membersihkan pantai dalam rangkaian upacara "Melasti" untuk menyongsong Hari Suci Nyepi 2012.

"Kami minta semua jajaran pengurus Partai Demokrat di seluruh Bali melakukan bersih-bersih lingkungan, khususnya tempat yang dijadikan lokasi 'Melasti' bagi Umat Hindu serangkaian menyambut Nyepi Tahun Isaka 1934," kata Ketua DPD Partai Demokrat Bali Made Mudarta di Sanur, Kota Denpasar, Minggu.

Di sela-sela kegiatan bersih-bersih pantai yang diikuti ratusan simpatisan dan warga masyarakat itu, dia mengatakan, program ini rutin dilakukan sebagai wujud sosial dalam kegiatan keagamaan.

"Ini terus kita galakan karena untuk mewujudkan kebersihan lingkungan. Terlebih pada pekan depan Umat Hindu di Bali mulai melakukan upacara 'Melasti' yakni pembersihan atau mensucikan arca-arca atau pretima yang diyakini sebagai stana Ida Sang Hyang Widhi (Tuhan)," kata politikus asal Kabupaten Jembrana itu.

Ia mengatakan, seluruh Umat Hindu menjelang Hari Suci Nyepi melakukan kegiatan penyucian arca-arca atau pretima ke sumber mata air. Hindu menyakini sumber air ada pada laut dan sumber mata air di pegunungan.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012