Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Penerbangan Cakra Nusantara sangat layak menjadi sekolah penerbangan tingkat regional Bali, karena SMK Penerbangan itu merupakan aset berharga yang dimiliki Pulau Dewata.

"SMK Penerbangan Cakra Nusantara adalah aset berharga yang dimiliki Bali, karena itu patut kita apresiasi dan selalu beri dukungan," ujar Anggota DPD/MPR RI No. B-65, Arya Wedakarna sebagaimana dikutip pihak SMK Penerbangan itu, Kamis.

Kini, SMK yang terletak di jantung kota Denpasar itu sudah dikenal hingga ke seluruh daerah di Indonesia, karena Taruna/i yang bersekolah berasal dari berbagai daerah dari Sumatera hingga Papua.

Apalagi, SMK Penerbangan Cakra Nusantara merupakan sekolah vokasi yang telah meraih Akreditasi A serta memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Republik Indonesia No. KEP.0078/BNSP/I/2020, yang menghasilkan alumni dengan kompetensi keahlian yang bersertifikasi BNSP.

Selain itu, seluruh alumni yang telah lulus, tidak hanya diterima bekerja di berbagai maskapai dan maintenance pesawat, tetapi alumninya juga melanjutkan di berbagai sekolah tinggi Penerbangan, baik Negeri dan Swasta di Indonesia. Keterbukaan data alumni tersebut dapat diakses pada website www.bursakerjapenerbangan.com.

Sementara itu, Kepala SMK Penerbangan Cakra Nusantara, Indra Gita Saragih, S.Pd., menyatakan SMK Penerbangan Cakra Nusantara secara konsisten menerapkan "merdeka belajar" selama lima tahun berdirinya sekolah ini.

"Segala bentuk pembaharuan telah diupayakan, baik sistem administrasi, kurikulum sampai sarana dan prasarana. Mobil simulator pesawat sebagai salah satu media pembelajaran di SMK Penerbangan Cakra Nusantara hanya ada satu di Indonesia. Selain juga memiliki mobil TV dan radio streaming satu-satunya di Indonesia," katanya.

Untuk praktek juga dilakukan dengan teknologi ter-"update" serta dengan pesawat yang masih beroperasi (bukan pesawat usang) secara langsung di DUDI, sesuai dengan kompetensi dari program studi yang ada.

Kompetensi Program Studi SMK Penerbangan Cakra Nusantara Denpasar adalah Airframe and Power Plant, Electrical Avionics, Teknik Transmisi dan Telekomunikasi, serta Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran. Untuk mendaftar ke SMK Penerbangan Cakra Nusantara di Jalan Drupadi No 25 (Kampus 1) dan Jalan Tukad Pakerisan No 25 Denpasar (Kampus 3) itu bisa lewat 081237098090 atau www.ppdbsmkpenerbangan.com (website).

Selain itu, SMK Penerbangan Cakra Nusantara itu telah memiliki KKNI berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 06/D.D5/KK/2018 tentang Spektrum Keahlian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

"Bukan menawarkan harga tapi kualitas, garansi terbentuknya karakter unggul dan kompetensi lengkap. Solusi sehat dan selamat melewati masa remaja, tidak bisa coba-coba dan spekulasi karena gagal di masa remaja penyebab gagalnya masa depan. Jadilah pribadi sukses dan unggul menjadi pahlawan keluarga," katanya.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Penerbangan Cakra Nusantara Denpasar yang memiliki Akreditasi A Unggul telah melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL) dengan alutsista (alat utama sistem pertahanan) Sukhoi di Skadron 044 Lanud Sultan Hassanuddin Makassar. ((Foto Antaranews Bali/) ((Foto Antaranews Bali//)

Pewarta: Antara News Bali

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020