Dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke-74, Polres Gianyar melakukan berbagai kegiatan yang manfaatnya dirasakan masyarakat, di antaranya melepas tukik (anak penyu) di Pantai Saba, Gianyar dan membagikan masker dan hand sanitizer (penyanitasi tangan).

Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana dalam keterangan pers di Gianyar, Jumat, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi upaya penangkaran penyu, sebagai upaya penyelamatan ekosistem laut yang semakin hari semakin berkurang jumlahnya, bila tidak ada upaya penyelamatan akan terjadi kepunahan dan akan hilang untuk selamanya.

Didampingi Waka Kompol Pius X Febry Aceng Loda,  dan Kabag Ops Kompol I Wayan Latra,  Kabag Sumda Kompol I Ketut Dana, Kepala Seksi Wilayah II Bali BKSDA Sulistyo Widodo beserta anggota dari jajaran Sat Polair Polres Gianyar, Kapolres mengunjungi tempat penangkaran penyu sekaligus penanaman telur penyu dan melepas 74 ekor tukik di Pantai Saba pada Kamis (18/6) lalu.

Setelah melepas anak penyu (tukik), jajaran Polres Gianyar  melakukan penanaman telur penyu di areal penangkaran Saba Asri Bali Sea Turtle Conservation, dan
memberikan papan tanggal dan nama yang menanam telur penyu.

Baca juga: Polres Gianyar imbau para pecinta layang-layang untuk berhati-hati

Selain melepas tukik, Polres Gianyar juga memperingati Hari Bhayangkara ke-74 dengan membagikan masker dan hand sanitizer di Jalan Dharmagiri, Buruan pada Senin (15/6) lalu, dalam mendukung upaya pemerintah dalam menekan atau mencegah penularan virus COVID-19.

“Pembagian masker dan  hand sanitizer ini sebagai upaya memberi pengertian kepada masyarakat untuk selalu digunakan agar terhindar dari sebaran virus COVID-19 yang sedang melanda dunia dan hidup bersih dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir,” kata Kabag Sumda Polres Gianyar Kompol I Ketut Dana.

Kabag Sumda yang turun langsung, didampingi Kasat Lantas dan Kasat Binmas, serta Paur Kes Polres Gianyar itu menjelaskan salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 adalah dengan hidup bersih dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer,  tidak keluar rumah atau di rumah saja, kalau tidak ada kepentingan mendesak.

"Kita ketahui bahwa ketersediaan hand sanitizer sangat terbatas di pasaran dan  semoga  kegiatan seperti ini dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak,” kata Kompol Ketut Dana.

Baca juga: Polres Gianyar: Naik, kesadaran masyarakat terapkan protokol kesehatan

Sementara itu, Kapolres Gianyar AKBP I  Dewa Made Adnyana mengharapkan masyarakat paham dan selalu berdisiplin mematuhi anjuran pemerintah untuk memutus mata rantai penularan Virus Corona jenis baru itu (COVID-19 ) dan pembagian masker dan hand sanitizer merupakan salah satu bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat, dan dalam rangka hari Bhayangkara ke-74 dengan motto "Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif".

"Mari kita berdisiplin melaksanakan anjuran pemerintah untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 ini, semoga musibah Pandemi COVID-19 ini cepat berlalu agar kita bisa menjalani kehidupan normal seperti biasa," katanya.

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020