Aparat Polres Gianyar memberi imbauan kepada para pecinta layang-layang di wilayahnya, agar berhati-hati, karena layang-layang dapat memberikan dampak negatif terhadap lalu lintas penerbangan dan aliran listrik bertegangan tinggi.

Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana di Gianyar, Kamis, mengatakan sejak awal sudah memerintahkan personel Polres Gianyar serta  jajaran yang ada di Polsek  khususnya Bhabinkamtibmas untuk gencar mengimbau pencinta layang-layang agar tidak bermain di "tempat yang berbahaya".

"Misalnya pada tempat lalu lintas ramai, Sutet dan di jalan raya, mengingat setiap bulan Mei, Juni dan Juli merupakan waktu yang tepat untuk bermain layang-layang karena anginnya cukup kencang sehingga mampu membuat layang-layang menari di udara sepanjang hari, tapi harus berhati-hati," katanya.
 
Ia menambahkan kecelakaan lalulintas udara bisa terjadi saat tali layang- layang menyangkut di pesawat dan di jalan raya bisa membahayakan pengendara bermotor, serta jika bermain dekat dengan wilayah Sutet bisa membahayakan diri sendiri.
 
Sudah sering dilakukan imbauan yang humanis oleh Bhabinkamtibmas Polres Gianyar dalam rangka pencegahan bermain layang-layang di tempat yang berbahaya, namun tetap ada juga yang masih tidak mengindahkan imbauan tersebut. Aparat kepolisian Gianyar tidak bosan-bosan memberikan imbauan kepada mereka.
 
Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas menyampaikan imbauan tentang pencegahan bermain layang- layang di tempat yang dapat membahayakan orang lain dan dirinya sendiri.

Selain itu, personel juga mengedukasi masyarakat akan bahaya penyebaran COVID-19 atau Virus Corona demi kebaikan bersama, diantaranya jika keluar rumah wajib menggunakan masker, tidak berkumpul dan membuat kerumunan, jaga jarak, jaga kesehatan, rajin olahraga, tidak bepergian jika tidak perlu, rajin cuci tangan dan jangan panik. 
 
 

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020