Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Bali, Ida Ayu Selly Dharmawijaya Mantra mengajak masyarakat melakukan berbagai kegiatan positif dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Kami mengajak masyarakat untuk melakukan kegiatan positif selama di rumah saja, sehingga mampu mengelola pola hidup sehat agar tidak sampai stres," kata Selly Mantra di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan dalam mengelola pikiran stres, masyarakat perlu memiliki pengetahuan yang cukup tentang COVID-19 sehingga masyarakat tidak mudah terpengaruh oleh informasi yang membuat semakin cemas.

Baca juga: Gubernur minta PKK aktif sosialisasikan pemilahan sampah

Selly Mantra mengatakan Pemerintah Kota Denpasar terus gencar memberikan informasi tentang COVID-19 sehingga diharapkan masyarakat lebih tenang menghadapi pandemi tersebut yang telah melanda sebagian negara di dunia.

"Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) harus dibiasakan dalam kegiatan sehari-sehari, termasuk juga menjaga jarak yang cukup serta membiasakan memakai masker. Ini protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19," ucapnya.

Menurut Selly Mantra, untuk mengelola stres saat pandemi COVID-19 masyarakat diharapkan juga melakukan kegiatan positif seperti berkebun dengan memanfaatkan lahan yang ada di pekarangan rumah. Pemerintah Kota Denpasar lewat Dinas Pertanian melalui program ketahanan pangan keluarga telah memberikan bibit hortikultura secara gratis.

Baca juga: Putri Koster ajak PKK Bali berinovasi kelola sampah

"Kami berharap melalui program ketahanan pangan keluarga yang dilaksanakan Pemerintah Kota Denpasar dapat membantu masyarakat mencukupi kebutuhan sayur-mayur sehari-hari," ujarnya.

Istri Wali Kota Rai Mantra ini mengingatkan untuk peduli terhadap lingkungan sekitar melalui dengan cek tetangga sebelah (CTS). Ini akan sangat membantu penyebaran COVID-19. Karena penyebaran virus corona sangat memberikan pengaruh luar biasa secara kesehatan, sosial dan ekonomi.

Untuk itu, kata dia, diharapkan masyarakat tidak hanya menjaga kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Untuk menjaga kesehatan mental, TP PKK Kota Denpasar bekerja sama dengan Komunitas Teman Baik, HIMPSI Bali, Mobil Konseling Ceria, Puspaga dan UPTD PPA dapat memberikan konseling secara online maupun offline tentunya tetap mengacu pada protokol kesehatan.

Baca juga: PKK Bandung Barat belajar inovasi ke kota Denpasar

Satgas Ini juga bisa mengakses 119 layanan psikologi untuk sehat jiwa (Sejiwa) bagi perempuan dan anak. "Kami PKK Kota Denpasar bekerja sama dengan berbagai pihak untuk membantu pelaksanaan PKM di Kota Denpasar. Hal ini agar pelaksanaan PKM dapat sesuai dengan harapan," ucapnya.

Sementara itu,  Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Denpasar (DP3AP2KB) Kota Denpasar I Gusti Agung Laksmi Dharmayanti menyampaikan di masa pandemi COVID-19 perilaku hidup bersih harus tetap dilakukan setiap hari.

"Dengan langkah tersebut diharapkan dapat mencegah terpaparnya COVID-19 terutama terhadap orang yang rentan seperti anak-anak, lansia, perempuan dan disablilitas," ujarnya.

Baca juga: Tim PKK Denpasar pantau dan adminstrasi program kerja di lapangan

 

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020