Undiksha Singaraja dan Kodim 1609/Buleleng berkolaborasi membantu warga desa dalam penanggulangan COVID-19 dengan menyerahkan wastafel untuk cuci tangan di dua pasar tradisional di Desa Bebetin dan Desa Sudaji, Kecamatan Sawan, Buleleng, Bali.

Rektor Undiksha Prof Dr I Nyoman Jampel, MPd di Singaraja, Sabtu, mengatakan Undiksha sebagai lembaga akademik berkomitmen untuk mendukung pencegahan penyebaran virus yang telah merenggut banyak nyawa masyarakat itu.

Komitmen itu juga diperkuat dengan sinergi bersama pemerintah daerah maupun instansi lain, salah satunya Kodim 1609/Buleleng yang juga mengetahui kondisi di masyarakat selama pandemi ini.

“Dari Kodim memberikan informasi daerah mana saja yang perlu bantuan fasilitas. Itu kami respon. Ini sinergi kami. Kami ingin semua masyarakat sehat,” kata Rektor Undiksha setelah acara penyerahan di Desa Sudaji.

Penyerahan wastafel secara simbolis dilakukan Rektor Undiksha Prof Dr I Nyoman Jampel, MPd didampingi Wakil Rektor III Prof Dr I Wayan Suastra, MPd bersama Dandim 1609/ Buleleng Letkol Inf Muhammad Windra Lisrianto.

Jampel mengatakan bantuan ini diharapkan memberikan manfaat untuk masyarakat. “Aktivitas di pasar cukup ramai, sehingga perlu ada fasilitas yang bertujuan untuk pencegahan COVID-19,” kata Rektor Jampel.

Menurut Jampel, pencegahan COVID-19 diharapkan mendapat dukungan dari masyarakat dengan menerapkan protokol sesuai ketentuan yaitu menggunakan masker, menjaga jarak sosial, dan menerapkan pola hidup sehat. “Selain bisa menjaga diri sendiri, kita juga perlu menjaga orang lain,” katanya.

Jampel menegaskan, sinergi Undiksha dengan Kodim 1609/Buleleng tidak hanya berlangsung kali ini saja. Sebelumnya juga dilakukan penyerahan bantuan wastafel di Wilayah Kecamatan Gerokgak dan bantuan masker untuk warga di Desa Pegayaman, Buleleng.

Selain itu, Undiksha secara khusus juga menyerahkan alat pelindung diri untuk tenaga medis di Kabupaten Buleleng dan membagikan masker di sejumlah pasar di Kota Singaraja.

Selain itu, juga ada pemberian bantuan sembako untuk mahasiswa dan pegawai yang terdampak pandemi COVID-19.

Dandim Windra Lisrianto menyatakan mendukung penuh gerakan yang dilakukan Undiksha ini. Apalagi bantuan yang disalurkan memberikan manfaat pada masyarakat dan tepat sasaran.

Pihaknya menegaskan komitmen untuk terus bersinergi dalam upaya mengentaskan persoalan di masyarakat.

“Tentu kami sangat mendukung hal ini,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, ia juga langsung memberikan edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

“Kami berharap seluruh masyarakat sadar untuk menerapkan itu. Harus ingat pakai masker. Ini demi kesehatan,” ucapnya.

Perbekel Sudaji, I Made Ngurah Fajar Kurniawan menyatakan dapat bermanfaat untuk masyarakat, terutama yang beraktivitas di pasar.

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan ini,” katanya.

Ia menyampaikan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 terus disosialisasikan kepada warga, termasuk juga dilakukan pembagian masker.

“Kami sudah melakukan upaya pencegahan dan terus ditingkatkan. Semoga warga kami selalu dalam keadaan sehat,” imbuhnya.

Pewarta: Made Adnyana

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020