Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Denpasar, Bali mendorong pemerintah kota setempat untuk mengambil tindakan tegas dan langkah-langkah yang lebih strategis dalam memutus rantai COVID-19.

"Denpasar sampai dengan saat ini masih dalam keadaan tanggap waspada COVID-19. Berdasarkan sebaran di Provinsi Bali, positif COVID-19 terbanyak terjadi di Kota Denpasar di antaranya disebabkan oleh transmisi lokal," kata Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede usai di Denpasar, Selasa.

Lebih lanjut dijelaskan Ngurah Gede, bahwa tingginya transmisi lokal di Denpasar menunjukkan telah terjadi penularan antarwarga yang cenderung meningkat. Kondisi ini disebabkan oleh meningkatnya pergerakan masyarakat Denpasar yang ditandai oleh ramainya di jalan dan di tempat-tempat umum. Hal ini menunjukkan menurunnya kesadaran dan disiplin warga Denpasar untuk mencegah penularan COVID-19.

"Untuk itu kami mengharapkan Pemerintah Kota Denpasar bersama pihak terkait serta melibatkan desa adat untuk mengeluarkan kebijakan serta langkah-langkah tegas dan terukur," kata Ngurah Gede.

Dengan demikian kata Ngurah Gede diharapkan warga Denpasar mempunyai disiplin sosial yang tinggi, bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah di rumah serta membatasi aktivitas dan interaksi dengan masyarakat di luar rumah.

Selain itu juga secara ketat mengawasi penduduk masuk ke Kota Denpasar. Harus berani mengambil langkah tegas demi menyelamatkan kesehatan dan jiwa masyarakat.

Politikus PDIP ini memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar atas langkah-langkah kebijakan yang telah diambil selama ini. Selain itu, apresiasi dan terima kasih juga disampaikan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

"kami juga mengucapkan terima kasih kepada petugas medis yang merupakan garda terdepan dalam penanganan kasus virus corona, serta pihak kepolisian dan TNI, satgas gotong-royong, desa adat yang telah berperan dalam penanggulangan COVID- 19 serta masyarakat yang sudah patuh mengikuti imbauan pemerintah sehingga penyebaran COVID-19 dapat diminimalkan," katanya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020