Denpasar (Antara Bali) - Ratusan wisatawan mancanegara dan domestik berbaur dengan ribuan umat Hindu yang mengikuti ritual tradisi Ngerebong di Pura Pangrebongan, Desa Pakraman Kesiman, Minggu.

Mereka terlihat sangat antusias menunggu dimulainya tradisi unik itu dari sejak siang hari, padahal ritual tersebut baru dilaksanakan sore menjelang matahari terbenam.

"Saya sangat tertarik untuk melihat secara langsung tradisi unik yang ada di masyarakat Pulau Dewata," kata Iwabe Toshimi, salah seorang wisatawan Jepang.

Dia mengaku, memang bukan pertama kalinya datang ke Bali, namun setiap ada tradisi yang menarik perhatiannya selalu ingin dilihatnya sendiri.

Hal senada disampaikan Janson, pelancong dari Australia. Dia mengatakan, baru pertama kalinya melihat ritual seperti itu. Hal tersebut sangat di luar nalar manusia.

"Sebab bagaimana bisa seseorang tidak terluka sedikitpun padahal dia dengan sengaja menghujamkan dirinya dengan senjata tajam. Atau saya pikir orang itu memiliki kekuatan fisik yang hebat," ujarnya.(IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012