Yogyakarta (Antara Bali) - Wisatawan yang berkunjung ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dapat menikmati pertunjukan seni setiap hari secara gratis.

"Wisatawan setiap hari disuguhi pertunjukan seni, baik seni tari, seni musik gamelan atau karawitan, wayang golek maupun wayang orang," kata Pemandu Wisata Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat, Wandro, di Yogyakarta, Sabtu.

Pertunjukan seni itu ditampilkan oleh kelompok atau sanggar seni dari berbagai wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) maupun mahasiswa perguruan tinggi.

Jadwal pertunjukan seni tersebut, katanya, setiap Senin dan Selasa menampilkan musik gamelan atau karawitan, Rabu wayang golek mulai pukul 10.00 WIB, dan pertunjukan yang paling sering digelar adalah karawitan.

"Pertunjukan seni tari pada hari Kamis, namun saat tidak ada penari maka diisi karawitan. Setiap Minggu digelar wayang orang mulai pukul 09.30 WIB," ujar Wandro.

Wisatawan dapat pula mengunjungi Museum Gedhong Kaca di dalam kompleks Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang memajang benda koleksi Sri Sultan Hamengku Buwono IX.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012