Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Sekaa Teruna (kelompok pemuda) Teruna Putra Tunggal, Banjar Belulang, Desa Adat Kapal, Kabupaten Badung, menyerahkan bantuan 120 buah pelindung wajah yang akan digunakan tenaga medis untuk penanganan pandemi COVID-19 kepada Pemerintah Kabupaten Badung, Bali.

"Kami ingin membantu Pemerintah Kabupaten Badung untuk memenuhi kebutuhan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis dalam menangani pasien COVID-19," ujar Ketua Sekaa Teruna Putra Tunggal Yudi Dwipayana, di Mangupura, Ibu Kota Kabupaten Badung, Selasa.

Ia mengatakan, penyerahan bantuan pelindung wajah itu merupakan bentuk dukungan dan pelaksanaan tanggung jawab sosial sebagai generasi muda kepada pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan APD tenaga medis dalam memerangi virus corona.

Pihaknya memilih memberikan bantuan pelindung wajah mengingat alat pelindung diri bagi tenaga medis saat ini merupakan salah satu barang yang langka, padahal sangat dibutuhkan.

Baca juga: Badung lakukan tes cepat 55 pekerja migran yang dikarantina

"APD medis ini dapat diibaratkan sebagai perlengkapan perang tim medis dalam melawan COVID-19. Tujuannya pasti agar tim medis tidak sampai tertular COVID-19 dari pasien positif yang dirawatnya," ucap Yudi Dwipayana.

Ia menambahkan, pihaknya berharap bahwa apa yang dilakukan Sekaa Teruna Putra Tunggal itu dapat memotivasi generasi muda di Badung dan di daerah lain untuk meningkatkan kepedulian di tengah pandemi COVID-19.

Menurut Yudi Dwipayana, saat ini semua pihak juga harus bersinergi bersama pemerintah guna membantu para dokter dan perawat yang tengah berjuang menangani pasien-pasien COVID-19.

"Semoga bantuan APD ini menjadi penyemangat dan bermanfaat bagi para tenaga medis yang tengah berjuang sebagai garda terdepan saat ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Badung selaku Koordinator Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat, I Gusti Ngurah Jaya Saputra, mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kepedulian berbagai pihak, termasuk dalam Sekaa Teruna Putra Tunggal yang ikut memberikan donasi dalam upaya penanganan pandemi COVID-19 di Badung.

Baca juga: Badung siapkan alternatif jejaring sosial berbasis desa lewat LPD

Ia menjelaskan, bantuan pelindung waja itu akan diberikan secara proporsional kepada tenaga medis yang ada di wilayah Kabupaten Badung guna menunjang tenaga medis dalam menangani wabah COVID-19.

"Kami akan bagikan secara proporsional ke puskesmas dan rumah sakit rujukan. Pelindung wajah ini dipergunakan khusus untuk tenaga medis yang melakukan perawatan dan pelayanan," ucapnya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020