Dinas Perhubungan Gianyar, Bali, melakukan penyemprotan cairan desinfektan pada sarana angkutan umum bus siswa dan angkutan siswa sebagai langkah nyata mencegah COVID-19.


“Ini baru tahap awal, untuk selanjutnya penyemprotan cairan disinfektan juga akan kami lakukan untuk 184 angkutan siswa yang tersebar di tujuh kecamatan dan angkutan umum lainnya,” tegas Kadis Perhubungan Kabupaten Gianyar I Wayan Suamba dalam keterangan pers Diskominfo Gianyar, Senin.

Penyemprotan untuk 12 bus siswa diawasi langsung oleh Kadis Perhubungan Kabupaten Gianyar I Wayan Suamba di Kantor Dishub Gianyar, Minggu (15/3).

Penyemprotan yang dilakukan oleh staf Dinas Perhubungan tersebut dimulai dari dalam bus seperti tempat duduk, jendela, kemudi, pintu hingga badan luar bus. Setelah cairan desinfektan disemprotkan, kemudian dibersihkan dengan lap hingga kering.

Tempat atau bagian dalam bus yang sekiranya sering disentuh atau dipegang oleh penumpang menjadi prioritas utama, seperti handle pintu bus, tiang, kursi, rem maupun kemudi disemprot dan dilap hingga bersih. Ini penting untuk menjaga keamanan dan kesehatan anak-anak kita dari ancaman virus ataupun penyakit yang berbahaya.


Baca juga: Polisi se-Bali lakukan gerakan desinfeksi di kantornya

Apalagi Kabupaten Gianyar sudah menyandang predikat Kabupaten Layak Anak (KLA), segala upaya pemenuhan hak anak harus mendapat prioritas utama. Ditambahkan, kegiatan ini diharapkan agar diikuti oleh pengemudi angkutan umum lainnya, tidak sebatas pada angutan siswa saja.

Suamba juga menegaskan sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, untuk bersama-sama dalam upaya pencegahan penyebaran virus korona di Kabupaten Gianyar.
 

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020