Jajaran Polri baik Polda Bali, Polresta Denpasar hingga Polres Klungkung dengan melibatkan puluhan personel melakukan gerakan desinfeksi serentak mulai dari kantornya masing-masing hingga fasilitas umum.

"Kepada seluruh personel agar kita semua tidak panik menghadapi bencana nasional virus Corona ini, selalu menjaga kesehatan dan menyempatkan diri untuk berolahraga dan berjemur dibawah terik matahari langsung karena dengan suhu tubuh yang panas virus korona tersebut tidak bisa masuk kedalam tubuh kita," kata Waka Polda Bali Brigjen Pol. I Wayan Sunartha setelah melakukan penyemprotan di Mako Polda Bali, Minggu.

Pihaknya juga mengajak masyarakat khususnya personel Polri agar mengantisipasi penularan virus korona salah satunya dengan cara mencuci tangan yang benar dan rutin saat selesai bersentuhan dengan benda-benda apapun. 

Ia menambahkan bahwa salah satu penyebaran tecepat dan terbanyak virus  adalah melalui sentuhan dan juga cara menyemprotkan cairan desinfeksi pada tempat-tempat yang sering bersentuhan dengan kita seperti gagang pintu, meja, kursi, reling tangga dan lain lain.

Sementara itu, Kepolisian Resor Klungkung bersama Pemerintah Kabupaten Klungkung dan Dandim 1610/Klungkung melakukan penyemprotan desinfektan di Pelabuhan Tribuana, dan Pelabuhan Banjar Bias, untuk mencegahan penularan virus Corona atau COVID-19.

Baca juga: Bupati Klungkung pimpin penyemprotan desinfektan antisipasi COVID-19

Kapolres Klungkung AKBP I Komang Sudana mengatakan fasilitas publik menjadi tempat yang rawan adanya penyebaran virus Corona. Lebih dari 100 per hari masyarakat datang ke pelayanan publik di Polres Klungkung.

”Titik sentralnya di seluruh pelayanan seperti SKCK, SIM, SPKT, dan Sidik Jari, karena banyak masyarakat melakukan kegiatan di central tersebut yang kemudian menjadi potensi penyebaran virus Corona,"jelasnya.

Penyemprotan desinfektan juga dilakukan jajaran Polresta Denpasar hingga setiap Polsek di wilayah Denpasar di setiap titik-titik kantor. Selain itu, juga dilakukan kurvey dan sudah ada yang berpakaian preman untuk membantu personel yang lainnya membersihkan areal di luar Mako setelah selesai.

"Tetap lakukan upaya kebersihan yang merupakan salah satu upaya kita dalam pencegahan dan untuk di rumah jangan lupa agar selalu cuci tangan apabila tidak ada cairan disinfektan," jelas Wakapolresta Denpasar AKBP I Wayan Jiartana.
 

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020