Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali mencatat kunjungan wisatawan asing dari berbagai negara ke Bali mengalami penurunan. Untuk bulan Januari 2020 ada 590.269 orang turis asing sedangkan bulan Februari 2020 ada 392. 824 orang turis asing ke Bali. 

"Jadi semua penurunan ini dilihat secara umum kunjungan warga asing dari berbagai negara. Semua penurunan di sini kan karena banyak penerbangan ditutup juga,"kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum HAM Bali, Sutrisno usai dijumpai di Denpasar, Selasa.

Baca juga: RSUP Sanglah rawat 25 pasien dalam pengawasan COVID-19

Ia menjelaskan untuk data warga China yang ke Bali pada bulan Januari yaitu sebanyak 113.000, sedangkan pada bulan Februari ada 4.314 orang warga China ke Bali melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. 

"Pemeriksaan pihak Imigrasi di Airport mulai dari pemeriksaan visa, bebas visa sama visa travel ditutup. Selain itu, di Airport diawasi juga dan ada bantuan dari KKP Bandara untuk bagian kesehatannya. Ya pokoknya kalau dalam 14 hari ada perjalanan ke China tetap tidak bisa masuk,"katanya.

Untuk petugas Imigrasi yang bertugas di Bandara I Gusti Ngurah Rai, kata dia dalam satu hari ada 150 orang. "Cukup atau tidak cukup relatif ya, tergantung dari banyak atau tidaknya penerbangan,"ucap Sutrisno.

Pihaknya berharap agar petugas Imigrasi yang bertugas tidak ada yang terkena dan diimbau untuk tetap menjaga kesehatan, rajin berolahraga dan terapkan pola hidup sehat.
 

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020